Tips Travelling Ke Eropa dan Syarat Pengajuan Visa Schengen Multiple Entry Untuk Liburan Ke Eropa

Tips Travelling Ke Eropa dan Syarat Pengajuan Visa Schengen Multiple Entry Untuk Liburan Ke Eropa

Salah satu kendala utama travelling ke tempat wisata di luar negeri adalah kelengkapan administrasi yang berupa visa turis. Visa turis yang digunakan untuk berlibur ke tempat wisata di daratan Eropa adalah Visa Schengen.

Visa Schengen adalah salah satu persyaratan utama yang harus dimiliki oleh setiap wisatawan asing yang akan berkunjung dan berlibur ke tempat wisata di Eropa.

Negara-negara yang termasuk dalam Schengen Area berjumlah 25 negara, antara lain: Perancis, Italia, Spanyol, Portugal, Belgia, Jerman, Polandia, Rep. Ceko, dan Belanda. Inggris dan Irlandia bukan termasuk negara-negara yang memberlakukan Visa Schengen multiple entry untuk turis asing.

Tips Liburan Ke Eropa dengan Visa Schengen Multiple Entry

Tips Travelling Ke Eropa dan Syarat Pengajuan Visa Schengen Multiple Entry Untuk Liburan Ke Eropa

Source: pixabay.com

Informasi penting yang harus diketahui oleh setiap wisatawan yang akan traveling ke obyek wisata di Eropa adalah agar bisa memasuki wilayah negara-negara schengen, maka wisatawan hanya bisa mengajukan aplikasi visa turis.

Masa berlaku visa turis pada umumnya adalah 30 hari. Persyaratan yang berbeda akan diberlakukan jika Anda masuk ke negara Eropa dengan mendapatkan undangan dari sponsor, misalnya untuk kegiatan sosial, maka Anda bisa mendapatkan visa schengen multiple entry dengan durasi maksimal 90 hari.

Masa berlaku visa turis untuk liburan ke Schengen Area dipengaruhi oleh durasi asuransi perjalanan yang wisatawan pilih. Jika durasi asuransi adalah 10 hari, maka kemungkinan besar masa berlaku visa Schengen yang didapat juga selama 10 hari.

Pihak kedutaan tempat Anda mengajukan visa schengen mempunyai hak prerogatif untuk meluluskan atau menolak permohonan visa Anda. Oleh karena karena itu, Anda harus bersikap kooperatif dan ramah dengan petugas kedutaan yang menangani permohonan visa.

Syarat Pengajuan Visa Schengen Multiple Entry Untuk Liburan Ke Eropa

Dimanakah Anda dapat mengajukan aplikasi visa schengen? Sebenarnya Anda bebas mengajukannya di kedubes negara schengen mana saja. Anda dapat apply permohonan visa schengen di kedutaaan besar negara-negara yang tergabung dalam schengen area.

Lalu, bagaimana cara mengurus pengajuan permohonan Visa Schengen multiple entry? Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh wisatawan agar mendapatkan ijin berkunjung ke negara-negara Schengen?

Kali ini saya akan berbagi pengalaman teman-teman backpacker yang mengajukan visa schengen melalui kedubes Belanda. Proses mengajukan Visa Schengen melalui Kedutaan Belanda adalah melampirkan beberapa berkas berikut ini.

  • Menunjukkan paspor asli dan menyerahkan fotocopy paspor halaman 1 dan halaman 2 sebanyak 4 lembar

Siapkan paspor asli dan fotocopy paspor sejak dari rumah. Jangan sampai Anda lupa memfotokopi paspor karena akan menambah biaya pengurusan visa. Memang biasanya ada layanan fotocopy di kompleks gedung kedubes tempat mengurus visa schengen.

Namun pada umumnya harga per lembarnya sangat mahal. Bahkan bisa empat kali lipat dari harga fotocopy biasa.

  • Print out pemesanan (booking) tiket pesawat terbang PP

Bila jadwal liburan ke obyek wisata di Eropa tidak dilakukan dalam waktu dekat, maka calon wisatawan bisa melampirkan print out bukti booking pesawat tujuan ke Eropa dan booking tiket pesawat terbang untuk kembali ke tanah air.

Print out tiket pergi pulang (PP) ke tempat wisata di Eropa ini bisa didapatkan dengan cara booking ke tour agen, lalu Anda minta dikirim ke email Anda pribadi. Setelah itu Anda bisa print attachment pemesanan tiket tersebut.

Baca Juga: Tips Travelling: Ini Dia Beberapa Hal yang harus Anda Siapkan Sebelum Berwisata

Baca Juga: Tips Trevelling dan Liburan Ke Pantai Klayar di Pacitan

  • Menunjukkan tiket pesawat terbang ke Eropa PP

Jika sudah ‘terlanjur’ membeli tiket pesawat terbang dengan tujuan ke negara di Eropa, Anda bisa melampirkannya sebagai salah satu syarat mendapatkan bisa schengen multiple entry. Syarat nomor dua dan nomor tiga ini pilih salah satu.

Kebanyakan wisatawan akan memilih menyertakan print out booking tiket pesawat terbang daripada tiket aslinya. Mengapa? Karena dalam kasus tertentu terdapat ketentuan pembatalan tiket pesawat terbang yang membutuhkan biaya tambahan.

  • Fotocopy polis asuransi perjalanan

Polis asuransi adalah persyaratan mendapatkan visa schengen yang penting. Masa durasi asuransi akan menentukan masa berlakunya visa schengen yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda memperpanjang jadwal liburan pada tempat wisata di Eropa, misalkan karena ingin lebih lama jalan-jalan di Kota Praha di Rep. Ceko, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan polis asuransi sesuai masa perpanjangan asuransi.

Saat ini ada begitu banyak layanan asuransi perjalanan yang menawarkan perlindungan untuk kegiatan traveling para wisatawan dan backpacker. Anda harus jeli memilih perusahaan asuransi perjalanan yang terpercaya.

Jangan tergiur biaya asuransi murah untuk mendapatkan visa schengen. Perlindungan jiwa wisatawan diperlukan, terutama ketika wisatawan berlibur ke tempat wisata alam dan tempat wisata pantai yang berbahaya.

  • Pas photo berwarna ukuran 3.5 x 4.5 sebanyak 2 lembar

Beberapa ketentuan yang digunakan dalam membuat pas photo warna untuk membuat visa schengen adalah memakai latar belakang warna putih. Baju yang Anda gunakan sebisa mungkin memiliki tingkat kontras yang tinggi dengan latar foto.

Jika background foto dan baju yang Anda pakai dinilai tidak cukup kontras, maka pihak kedutaan akan meminta Anda melakukan foto ulang. Biasanya mereka menyediakan jasa foto kilat dengan tarif sekitar Rp. 50.000 per 4 lembar foto. Mahal sekali bukan? Oleh karena itu, siasati hal ini dengan persiapan yang tepat sejak berangkat dari rumah.

  • Mengisi formulir aplikasi visa dan menandatanganinya

Cara mengisi formulir aplikasi pengajuan visa schengen pada dasarnya sama dengan teknik pengisian formulir pada umumnya. Anda harus menggunakan huruf kapital atau huruf besar, ditulis dengan jelas, diisi sesuai dengan data yang sebenarnya, dan ditanda tangani.

Jika Anda mengisi data formulir dengan tidak jujur, maka hal tersebut akan merepotkan Anda di kemudian hari. Oleh karena itu, isilah form aplikasi visa schengen sesuai kondisi riil.

  • Surat keterangan kerja dan ijin cuti kerja dari atasan

Jika Anda seorang karyawan atau pegawai, Anda harus memiliki surat keterangan kerja yang ditandatangani pihak manajemen perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, Anda juga harus melengkapi berkas pengajuan visa schengen dengan surat pengajuan cuti yang ditandatangani oleh atasan.

Kedua jenis berkas ini akan meyakinkan pihak kedutaan bahwa setelah liburan Anda akan kembali ke tanah air dan tidak berniat menjadi pencari kerja di negara tujuan. Apabila Anda berstatus sebagai pengusaha, maka Anda bisa melampirkan surat bukti kepemilikan usaha.

  • Buku tabungan asli dan fotocopy buku tabungan yang berisi data saldo 3 bulan terakhir

Pihak kedutaan membutuhkan data berupa fotocopy buku tabungan Anda sekaligus menunjukkan buku tabungan asli. Data yang akan menjadi pertimbangan bagi mereka adalah saldo tabungan selama 3 bulan terakhir.

Jika jumlah saldo Anda dinilai tidak mencukupi syarat kelayakan biaya hidup di Eropa, kemungkinan besar pangajuan visa Schengen Anda ditolak. Pertimbangan lain dengan menunjukkan buku tabungan asli adalah Anda tidak akan menjadi imigran gelap yang mencari kerja disana setelah berlibur ke tempat wisata di Eropa.

  • Print out booking hotel di Eropa

Persyaratan mendapatkan visa schengen multiple entry yang tidak kalah pentingnya adalah print out booking hotel. Karena wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Eropa masuk ke kawasan Uni Eropa dengan menggunakan visa turis, maka mereka harus melampirkan bukti telah memesan atau booking hotel di negara tujuan.

Jika perlu, Anda juga harus melampirkan itinerary atau rencana tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi selama liburan di Eropa. Sesuaikan itinerary dengan durasi berlakunya visa. Jika durasi visa Anda hanya 1 bulan, maka itinerary yang masuk akal adalah 4 negara tujuan, walaupun dalam prakteknya Anda bisa berkunjung secara bebas ke 25 negara Schengen.

Lalu, berapa tarif membuat visa schengen multiple entry? Biaya membuat visa schengen multiple entry berbeda-beda tergantung masa durasi berlakunya visa, yaitu visa mutiple entry 10 hari, 31 hari, atau bahkan 90 hari.

Berdasarkan pengalaman dari teman-teman yang sudah pernah berlibur dan membuat visa schengen multiple, biaya pembuatan visa schengen multiple entry unutk masa tinggal maksima 0 hari adalah 32 hari sebesar 35-60 Euro. Semoga tips liburan ke Eropa ini bisa membantu Anda.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*