Tips Travelling: Ini Dia Beberapa Hal yang harus Anda Siapkan Sebelum Berwisata

Tips Travelling: Ini Dia Beberapa Hal yang harus Anda Siapkan Sebelum Berwisata

Dalam rutinitas harian yang padat dan melelahkan terkadang kita butuh suatu hiburan atau refreshing sesaat. Salah satu caranya yaitu menikmati perjalanan ke suatu lokasi wisata memanglah suatu hal yang menyenangkan terlebih berjalan-jalan bersama keluarga dan pasangan Anda.

Namun banyak orang yang hanya melakukan wisata tanpa ada rencana yang tepat yang akhirnya kegiatan wisata Anda menjadi kurang sempurna karena timbul beberapa hal yang tidak diinginkan di saat Anda sedang berwisata. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda catat tips aman dan nyaman berwisata berikut ini.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Berlibur dan Berwisata

Bagi anda yang sudah merencanakan liburan wisata bersama dengan keluarga, kerabat, teman atau saudara. Berikut beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum berlibur dan berwisata bersama dengan rekan anda.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Berlibur dan Berwisata

Source: pixabay.com

  1. Tujuan wisata

Tips berlibur yang pertama adalah sudah pasti anda harus menentukan tujuan wisata anda terlebih dahulu.

Ya ini sudah pasti yang pertama pikirkan terlebih dahulu tujuan wisata favorite Anda, carilah lokasi wisata yang benar-benar bisa membuat Anda rileks dan nyaman beristirahat jauh dari hingar-bingar kota metropolitan itu jauh lebih baik dan menikmati hawa sejuk pegunungan atau wisata ke pantai merupakan ide tujuan wisata yang baik.

Bagi anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga, teman, pasangan atau rekan yang lainnya anda bisa mendiskusikan tujuan wisata yang mana yang akan anda kunjungi bersama mereka. Hal ini karena tidak semua orang memiliki keinginan liburan yang sama dengan anda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu tujuan wisata yang akan dikunjungi dan dituju oleh anda bersama mereka.

Diskusi dilakukan agar rencana anda berjalan dengan lancar dan liburan bersama akan lebih menyenangkan.

Ada beberapa tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi misalnya seperti tempat wisata alam yang berupa air terjun, gunung, wisata pantai dan wisata alam lainnya yang ada di seluruh penjuru wilayah Indonesia yang memiliki keindahan, keeksotisan dan pesona alam yang luar biasa indahnya.

  1. Waktu Wisata

Waktu wisata dan jarak perjalanan tujuan wisata Anda harus dipikirkan dengan baik, jika Anda hanya memiliki waktu liburan yang sedikit usahakan pilih tujuan wisata yang dekat dengan lokasi Anda, namun jika memiliki waktu liburan panjang Anda bisa memilih tujuan wisata yang jauh bahkan bisa berwisata ke luar negeri.

Sebisa mungkin pastikan anda menghindari waktu liburan yang menghabiskan waktu di jalan karena bukannya kenikmatan berwisata yang Anda harapkan tapi hanya lelah dalam perjalanan yang Anda dapatkan.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang berada dekat dengan tempat tinggal anda agar waktu liburan dapat digunakan untuk bersenang-senang dan tidak banyak memakan waktu di jalan.

Misalnya bagi anda yang berada di Bandung, jika anda hanya memiliki waktu berlibur yang sebentar anda bisa mengunjungi tempat wisata di Bandung atau tempat wisata kota lainnya yang berada dekat dengan Bandung seperti tempat wisata Bogor dan yang lainnya. Intinya anda harus pintar-pintar mengestimasi waktu berlibur anda dengan jarak tempuh tujuan wisata anda.

  1. Estimasi Biaya Wisata

Tidak hanya bijak dalam masalah waktu, Anda juga haruslah bijak dalam menentukan biaya perjalanan wisata Anda, janganlah menghambur-hamburkan uang memilih paket wisata yang mahal, lebih baik pilih paket wisata yang murah namun tetap membuat Anda bisa refreshing dari kepenatan rutinitas keseharian.

Wisata yang baik tidaklah harus mahal, banyak tempat wisata yang murah yang patut Anda coba, seperti ke pulau-pulau, pantai atau yang masih dalam kota metropolitan seperti Taman Impian Jaya Ancol atau Trans Studio ketika anda bertempat tinggal di Ibukota.

Sekali-kali anda juga bisa menikmati promo liburan yang biasanya banyak ditawarkan seperti promo tiket liburan murah, penginapan murah dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengetahui berbagai macam promo dari beberapa jasa travel yang ada, atau dari beberapa maskapai penerbangan yang biasanya memang menyediakan paket promo bagi para traveler yang ingin berwisata baik lokal ataupun mancanegara.

Namun tetap saja, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa untuk berlibur dan berwisata pastikan anda mengutamakan kenyamanan dan kesenangan yang bisa membuat anda tenang dan rileks karena itu tujuan utama kita berlibur dan berwisata.

Untuk mendapatkan kesenangan berlibur tersebut, semua tergantung pada anda karena tidak semua liburan memerlukan biaya yang mahal.

  1. Akomodasi Wisata

Sebelum melakukan perjalanan wisata sebaiknya Anda cari terlebih dahulu akomodasi yang sesuai dengan biaya, dan kebutuhan Anda. Booking terlebih dahulu hotel atau villa agar sesampainya di tempat wisata yang Anda inginkan Anda tidak perlu repot-repot mencarinya lagi.

  1. Transportasi Wisata

Tidak hanya penginapan saja namun transportasi untuk menuju tempat wisata yang anda tuju juga harus dipertimbangkan secara matang. Pastikan anda mengetahui transportasi apa yang akan anda gunakan apakah menggunakan transportasi pridabi atau transportasi umum.

Bagi anda yang akan menggunakan transportasi pribadi pastikan anda menyiapkan dan mengecek kendaraan anda terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan berlibur dan berwisata agar tidak timbul masalah selama perjalanan misalnya seperti mogok, ban bocor dan lain sebagainya yang membahayakan perjalanan wisata anda.

Sedangkan bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, pastikan anda mengetahui informasi mengenai rute menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan umum. Dan kendaraan umum apa saja yang harus anda tumpangi agar bisa sampai ke tempat wisata yang ingin anda tuju.

Jangan sampai salah naik transportasi umum agar tidak tersesat, bukannya berlibur dengan suasana yang menyenangkan anda malah akan kebingungan dan kelelahan dibuatnya.

Jadi intinya pastikan anda pikirkan terlebih dahulu transportasi yang Anda gunakan ke tempat wisata tersebut, bisa menggunakan pesawat, mobil pribadi, sarana transportasi umum seperti bis atau kapal laut.

Namun kebanyakan orang melakukan wisata bersama keluarga dengan mobil pribadi karena akan lebih terasa kebersamaannya menikmati perjalanan wisata tersebut. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi pilihan lainnya Anda bisa gunakan jasa rental mobil atau bisa membeli paket wisata yang sudah komplit.

  1. Siapkan perlengkapan Pribadi dan Identitas Lengkap

Pastikan anda membawa uang tunai dan perlengkapan pribadi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan anda selama melakukan perjalanan wisata seperti baju ganti, make up, alat mandi, obat-obatan, kotak p3k dan lain sebagainya.

Tidak hanya perlengkapan pribadi, pastikan juga anda membawa dokumen penting seperti identitas diri lengkap seperti KTP, SIM, nomor telepon darurat, ATM, kartu kredir dan sebagainya. Untuk berlibur ke luar negeri anda pastikan juga anda membawa paspor, visa, NPWP dan sebagainya.

Ya itulah beberapa tips liburan dan berwisata yang harus direncakanan dalam berwisata.  Segala sesuatu haruslah di persiapkan dengan baik agar wisata Anda tidak mengecewakan dan tidak di repotkan oleh hal-hal yang perlu, jadi selamat berwisata.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*