Tips Memilih Dot dan Botol yang Aman untuk Bayi Anda

Tips Memilih Dot dan Botol yang Aman untuk Bayi Anda

Selain perlengkapan mandi, perlengkapan untuk kebutuhan menyusui juga perlu anda persiapkan. Oleh karena itu, berikut akan kami jelaskan mengenai tips memilih Dot dan Botol yang Aman untuk Bayi.

Kebutuhan ASI atau air susu ibu untuk bayi merupakan hal yang sangat penting. Dan hal ini juga tidak disangkal bisa semakin mendekatkan ibu dan bayinya secara emosi.

Namun tidak semua bayi bisa beruntung mendapatkan air susu ibu karena berbagai alasan misalnya si ibu sakit sehingga air susunya tidak mampu mencukupi kebutuhan bayinya atau mungkin dikarenakan si ibu seorang wanita karier sehingga tidak sempat untuk memberikan ASI.

Tips Memilih Dot dan Botol yang Aman bagi Bayi

Tips Memilih Dot dan Botol yang Aman bagi Bayi

Source: pixabay.com

Dalam kondisi tersebut tentu kebutuhan bayi akan susu tidak bisa diabaikan. Orang tua bisa memilihkan susu bayi yang tepat untuk bayinya. Untuk lebih baiknya, hendaknya orang tua mengkonsultasikanya dengan dokter bayi agar bayi bisa mendapatkan susu yang tepat dengan kondisi dan usianya. Berikut beberapa tips memilih Dot dan Botol yang aman untuk bayi anda.

Baca juga: Tips dan Cara Mengatasi Perilaku Agresif dan Hiperaktif Agar Kreatif

  • Gunakan Dot atau Botol yang Aman dari Bahan yang Tidak Beracun

Sebagai ganti payudara si ibu yang tak mampu memenuhi kebutuhan susu si bayi, maka botol susu dan dot bayi yang menggantikannya. Hendaknya botol dan dot bayi yang digunakan benar-benar baik untuk bayi. Untuk botol susu bayi hendaknya terbuat dari bahan yang tidak beracun sehingga aman bagi kesehatan sang buah hati.

  • Tahan Panas

Selain itu juga tahan panas sehingga dalam proses sterilisasi juga aman dilakukan. Dan juga, hendaknya dipilih botol susu yang terdapat skala yang dapat menunjukkan isi dari botol tersebut. Botol susu yang baik untuk bayi hendaknya juga bisa mengalirkan susu secara lancar dan hendaknya juga yang bisa diatur aliran susunya.

  • Material Botol atau Dot Aman

Selain botol susu, dot bayi juga harus diperhatikan. Dot bayi hendaknya dipilih yang terbuat dari bahan yang aman dan juga tentu saja tidak beracun. Selain itu, hendaknya juga dipilih yang tahan rebus. Hal ini penting agar aman saat dilakukan sterilisasi dot tersebut.

  • Memiliki Tekstur yang Lembut dan Kenyal

Karena dot bayi merupakan pengganti dari puting payudara ibu, hendaknya juga dipilih yang memiliki kekenyalan dan bentuk yang sesuai dengan anatomi puting payudara si ibu.

Dengan memilih yang sesuai dengan anatomi puting ibu maka gigi bayi juga bisa tumbuh secara optimal. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tempat susu bayi. Hendaknya dipilih tempat susu yang aman dan steril.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Nama Untuk Bayi yang Bagus dan Sesuai

Itulah beberapa tips memilih dot atau botol yang aman untuk buah hati anda. Pastikan anda memperhatikan hal-hal yang sudah kami jelaskan diatas. Selain itu, sekedar informasi bagi anda semua bahwa ada kesalahan yang sering dilakukan oleh para bunda dirumah ketika membersihkan botol atau dot bayi yang sudah kotor.

Beberapa orang tua atau bunda dirumah biasanya akan mencuci bersih botol atau dot dan memasaknya dengan air mendidih dengan tujuan agar kuman mati. Namun, ternyata cara membersihkan dot atau botol bayi ini tidaklah aman dilakukan karena bahan atau material yang digunakan pada dot atau botol akan ikut mendidih dan  luntur.

Ketika kondisi tersebut terjadi, maka dot atau botol bayi sudah tidak aman lagi digunakan oleh bayi karena bahan kimia yang ada pada dot atau botol bayi mungkin saja beracun dan akan bereaksi ketika digunakan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*