Doa Qunut Subuh: Panduan Lengkap Makna dan Tata Caranya

Doa qunut subuh dan artinya – Doa qunut subuh, amalan sunnah yang diamalkan setelah ruku’ pada rakaat terakhir shalat subuh, memiliki makna dan tata cara yang unik. Doa ini berisi permohonan perlindungan dan keberkahan, sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap pagi.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas tuntas tentang doa qunut subuh, mulai dari pengertian, waktu pengerjaan, isi dan maknanya, hingga manfaat dan sunnah-sunnah yang menyertainya. Simak baik-baik dan jadikan amalan ini sebagai bagian dari ibadah harian Anda.

Pengertian Doa Qunut Subuh: Doa Qunut Subuh Dan Artinya

Dua qunoot witr recitation recited

Doa qunut subuh merupakan sebuah doa yang dipanjatkan pada saat shalat subuh, setelah bangkit dari ruku’ dan sebelum sujud. Doa ini berasal dari kata bahasa Arab “qunut” yang berarti “berdiri tegak”. Maknanya adalah memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Asal-usul Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat terjadi bencana atau musibah. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW memanjatkan doa qunut selama sebulan setelah terjadinya Perang Uhud. Beliau berdoa memohon perlindungan dari bencana, fitnah, dan hal-hal buruk lainnya.

Perbedaan Doa Qunut Subuh dan Doa Qunut Nazilah

Terdapat perbedaan antara doa qunut subuh dan doa qunut nazilah. Doa qunut subuh dipanjatkan setiap hari pada saat shalat subuh, sedangkan doa qunut nazilah dipanjatkan hanya pada saat terjadi musibah atau bencana.

Waktu dan Tata Cara Mengerjakan Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh dan artinya

Doa qunut subuh adalah doa yang dibaca setelah rukuk pada rakaat kedua salat subuh. Doa ini hanya dikerjakan pada waktu tertentu, yaitu pada saat-saat tertentu saja. Tata cara mengerjakan doa qunut subuh juga memiliki aturan tertentu yang perlu diikuti.

Waktu Mengerjakan Doa Qunut Subuh

  • Saat terjadi bencana atau musibah yang menimpa umat Islam.
  • Saat terjadi kezaliman atau penindasan terhadap umat Islam.
  • Saat umat Islam sedang berperang melawan musuh.

Tata Cara Mengerjakan Doa Qunut Subuh

  1. Setelah membaca surah Al-Fatihah dan surah lainnya, lanjutkan dengan membaca doa qunut.
  2. Posisikan kedua tangan di depan dada, seperti ketika berdoa.
  3. Baca doa qunut dengan suara yang pelan dan jelas.
  4. Setelah selesai membaca doa qunut, lanjutkan salat seperti biasa.

Isi dan Makna Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh dan artinya

Doa qunut subuh adalah doa yang dibaca setelah bangkit dari ruku’ pada salat subuh. Doa ini memiliki makna dan kandungan yang dalam, berisi permohonan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Teks Doa Qunut Subuh

اللهم اهدني فيمن هديت، وعافني فيمن عافيت، وتولني فيمن توليت، وبارك لي فيما اعطيت، وقني شر ما قضيت، فانك تقضي ولا يقضى عليك، إنه لا يذل من واليت، ولا يعز من عاديت، تباركت ربنا وتعاليت.

Artinya:Ya Allah, tunjukilah aku di antara orang-orang yang Engkau tunjuki, sehatkanlah aku di antara orang-orang yang Engkau sehatkan, jagalah aku di antara orang-orang yang Engkau jaga, berkahilah aku dalam apa yang Engkau berikan, dan lindungilah aku dari keburukan yang Engkau tetapkan.

Karena Engkau menetapkan dan tidak ada yang dapat menetapkan terhadap-Mu. Sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau lindungi, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau Tuhan kami dan Maha Tinggi.

Makna Doa Qunut Subuh, Doa qunut subuh dan artinya

Doa qunut subuh memiliki beberapa makna penting, di antaranya:

  • Permohonan petunjuk dan bimbingan:Doa ini memohon kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk dan bimbingan dalam menjalani hidup.
  • Permohonan kesehatan dan keselamatan:Doa ini juga memohon kesehatan, keselamatan, dan perlindungan dari segala bentuk bahaya.
  • Permohonan berkah dan rezeki:Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberkahi dalam segala hal, termasuk rezeki dan kebahagiaan.
  • Permohonan perlindungan dari keburukan:Doa ini memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari segala keburukan, baik yang berasal dari diri sendiri maupun dari orang lain.
  • Penegasan kekuasaan Allah SWT:Doa ini menegaskan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, yang memiliki hak untuk menetapkan dan tidak dapat ditetapkan oleh siapa pun.

Manfaat Mengerjakan Doa Qunut Subuh

Witr qunut refuge sujood punishment anger forgiveness

Doa qunut subuh merupakan doa yang dianjurkan untuk dikerjakan setelah bangkit dari ruku pada salat subuh. Selain sebagai bentuk ibadah, doa qunut juga memiliki berbagai manfaat bagi yang mengerjakannya. Berikut beberapa manfaat mengerjakan doa qunut subuh:

Berkah dan Kebaikan

  • Mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT.
  • Terhindar dari bencana dan malapetaka.
  • Memperoleh kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan.
  • Menambah pahala dan derajat di sisi Allah SWT.

Manfaat Lainnya

  • Menambah kedekatan dengan Allah SWT.
  • Memperkuat keimanan dan keyakinan.
  • Memberikan ketenangan hati dan pikiran.
  • Menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat.

Sunnah-Sunnah yang Dianjurkan Saat Mengerjakan Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh dan artinya

Mengerjakan doa qunut subuh merupakan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Selain membaca doa qunut itu sendiri, terdapat beberapa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan saat melakukannya. Sunnah-sunnah ini bertujuan untuk menambah kekhusyukan dan kesempurnaan dalam beribadah.

Posisi Tangan

Saat membaca doa qunut subuh, dianjurkan untuk meletakkan kedua tangan di dada. Posisi ini merupakan bentuk tawadhu dan penghambaan diri kepada Allah SWT.

Membaca Surat Al-Ikhlas

Sebelum membaca doa qunut, disunnahkan untuk membaca Surat Al-Ikhlas. Surat ini merupakan surat yang berisi tentang keesaan Allah SWT dan dapat memperkuat keyakinan kita saat berdoa.

Mengangkat Tangan

Setelah selesai membaca doa qunut, disunnahkan untuk mengangkat kedua tangan sambil berdoa. Pengangkatan tangan ini merupakan simbol permohonan dan harapan kepada Allah SWT agar doa kita dikabulkan.

Membaca Doa Rabbana Aatina

Setelah mengangkat tangan, disunnahkan untuk membaca doa Rabbana Aatina. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Membaca Shalawat

Terakhir, disunnahkan untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW setelah membaca doa Rabbana Aatina. Shalawat ini merupakan bentuk penghormatan dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Pemungkas

Doa qunut subuh dan artinya

Doa qunut subuh adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Selain dapat mendatangkan berkah dan kebaikan, doa ini juga menjadi sarana bagi kita untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengamalkan doa qunut subuh setiap pagi dan rasakan sendiri manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

Leave a Comment