Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam: Panduan Lengkap dan Keutamaannya

Saat bulan suci Ramadan tiba, umat Muslim menanti-nantikan ibadah tarawih. Salah satu jenis tarawih yang banyak dikerjakan adalah tarawih 4 rakaat 1 salam. Ibadah sunnah ini memiliki keutamaan dan tata cara tersendiri. Yuk, kita bahas lebih dalam tentang shalat tarawih 4 rakaat 1 salam!

Tarawih 4 rakaat 1 salam merupakan salah satu jenis tarawih yang populer di kalangan masyarakat. Shalat ini memiliki perbedaan dengan jenis tarawih lainnya, baik dari segi jumlah rakaat maupun salamnya.

Pengertian Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadan. Salah satu jenis shalat tarawih yang umum dikerjakan adalah shalat tarawih 4 rakaat 1 salam.

Keutamaan Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

  • Mendapatkan pahala seperti melakukan shalat qiyamul lail.
  • Menghapus dosa-dosa kecil.
  • Memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat.

Perbedaan dengan Jenis Tarawih Lainnya

Shalat tarawih 4 rakaat 1 salam berbeda dengan jenis tarawih lainnya dalam hal jumlah rakaat dan salam. Berikut perbandingannya:

Pendapat Ulama tentang Jumlah Rakaat dan Salam

Ulama memiliki perbedaan pendapat tentang jumlah rakaat dan salam dalam shalat tarawih. Pendapat yang paling kuat adalah shalat tarawih 4 rakaat 1 salam, sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Tata Cara Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

Shalat tarawih 4 rakaat 1 salam

Shalat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Tata caranya berbeda dengan shalat wajib, yaitu dilakukan sebanyak 4 rakaat dalam 1 salam. Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini!

Niat Shalat Tarawih

  • Bagi imam: “Ushalli sunnatan tarawihi arba’a raka’atin lillahi ta’ala ma’a ma ammamtu bihi min al-mu’minin wa al-mu’minat.” (Aku berniat shalat sunnah tarawih empat rakaat karena Allah Ta’ala beserta makmum laki-laki dan perempuan yang kuimami.)
  • Bagi makmum: “Ushalli sunnatan tarawihi arba’a raka’atin lillahi ta’ala ma’a imam.” (Aku berniat shalat sunnah tarawih empat rakaat karena Allah Ta’ala bersama imam.)

Rakaat Pertama

  • Takbiratul ihram: “Allahu Akbar.”
  • Baca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.
  • Ruku’ sambil membaca “Subhana rabbiyal ‘azhim.”
  • I’tidal sambil membaca “Sami’allahu liman hamidah.”
  • Sujud sambil membaca “Subhana rabbiyal a’la.”
  • Duduk di antara dua sujud sambil membaca “Rabbighfirli.”
  • Sujud kedua sambil membaca “Subhana rabbiyal a’la.”
  • Duduk tasyahud awal sambil membaca “Attahiyyatu lillahi wa al-shalawatu wa al-thayyibat.”

Rakaat Kedua

  • Berdiri dari tasyahud sambil membaca “Sami’allahu liman hamidah.”
  • Baca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.
  • Ruku’ sambil membaca “Subhana rabbiyal ‘azhim.”
  • I’tidal sambil membaca “Sami’allahu liman hamidah.”
  • Sujud sambil membaca “Subhana rabbiyal a’la.”
  • Duduk di antara dua sujud sambil membaca “Rabbighfirli.”
  • Sujud kedua sambil membaca “Subhana rabbiyal a’la.”

Rakaat Ketiga dan Keempat

  • Bangkit dari sujud kedua sambil membaca “Sami’allahu liman hamidah.”
  • Baca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.
  • Ruku’ sambil membaca “Subhana rabbiyal ‘azhim.”
  • I’tidal sambil membaca “Sami’allahu liman hamidah.”
  • Sujud sambil membaca “Subhana rabbiyal a’la.”
  • Duduk di antara dua sujud sambil membaca “Rabbighfirli.”
  • Sujud kedua sambil membaca “Subhana rabbiyal a’la.”
  • Tasyahud akhir dan salam.

Niat Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

Shalat tarawih 4 rakaat 1 salam

Shalat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, salah satunya adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Untuk melaksanakan shalat tarawih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah niat. Niat merupakan syarat sah dalam melaksanakan shalat, termasuk shalat tarawih. Niat shalat tarawih berbeda dengan niat shalat sunnah lainnya, karena pada niat shalat tarawih terdapat tambahan bacaan ” usholli sunnatan tarowiha arba’a raka’atin mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala“.

Lafal Niat Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

  • Usholli sunnatan tarowiha arba’a raka’atin mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala(Saya niat shalat sunnah tarawih empat rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala).

Niat tersebut dibaca secara pelan dan khusyuk sebelum memulai shalat. Dengan membaca niat, maka shalat tarawih yang kita lakukan akan menjadi sah dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Keutamaan Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam

Shalat tarawih 4 rakaat 1 salam

Shalat Tarawih 4 rakaat 1 salam menjadi salah satu amalan sunnah yang banyak dikerjakan umat Muslim selama bulan Ramadan. Tak hanya pahalanya yang besar, shalat ini juga membawa manfaat spiritual dan sosial yang tak terhingga. Berikut adalah beberapa keutamaan dan dalil yang mendukungnya.

Pahala Berlipat Ganda

Salah satu keutamaan shalat Tarawih adalah pahala yang berlipat ganda. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melakukan shalat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lalu.”

(HR. Bukhari dan Muslim).

Menjadi Penghapus Dosa

Selain pahala berlipat, shalat Tarawih juga menjadi penghapus dosa. Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadan, maka keluarlah ia dari dosanya seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Tirmidzi).

Meningkatkan Ketakwaan

Melaksanakan shalat Tarawih secara rutin dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Shalat malam ini menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya, memohon ampunan, dan merenungkan kebesaran-Nya.

Mempererat Ukhuwah

Shalat Tarawih yang biasanya dikerjakan secara berjamaah juga mempererat ukhuwah sesama Muslim. Berdiri bersama, berdoa bersama, dan berbagi kebahagiaan bersama menciptakan ikatan persaudaraan yang kuat.

Mendapat Syafaat Rasulullah SAW

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang shalat Tarawih bersama imam hingga ia selesai, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala ibadah semalam suntuk.” (HR. Bukhari).

5. Tips Menjalankan Shalat Tarawih 4 Rakaat 1 Salam dengan Khusyuk

Shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Untuk memperoleh kekhusyukan dalam menjalankannya, ada beberapa tips yang dapat dilakukan.

Fokus dan Hindari Gangguan

Khusyuk dalam shalat berarti memusatkan pikiran dan hati pada ibadah yang sedang dilakukan. Untuk mencapai hal ini, penting untuk menghindari segala bentuk gangguan, baik dari dalam maupun luar diri. Misalnya, matikan ponsel, pilih tempat yang tenang, dan berpakaian yang nyaman.

Pahami Makna Bacaan

Salah satu cara untuk meningkatkan kekhusyukan adalah dengan memahami makna bacaan dalam shalat. Bacalah dengan perlahan dan tadaburi artinya, sehingga dapat meresap ke dalam hati dan membangkitkan rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT.

Renungkan Keutamaan Tarawih, Shalat tarawih 4 rakaat 1 salam

Ingatlah keutamaan dan pahala yang besar dari shalat tarawih. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa shalat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

Berdoa dengan Sungguh-Sungguh

Manfaatkan waktu shalat tarawih untuk berdoa dengan sungguh-sungguh. Mohonlah ampunan, berkah, dan segala kebaikan kepada Allah SWT. Doa yang khusyuk akan semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Jaga Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik juga berpengaruh terhadap kekhusyukan dalam shalat. Pastikan untuk tidur cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur. Tubuh yang sehat akan mendukung pikiran dan hati yang tenang dan fokus selama ibadah.

Ringkasan Terakhir

Shalat tarawih 4 rakaat 1 salam

Menjalankan shalat tarawih 4 rakaat 1 salam dengan khusyuk dan penuh keimanan akan memberikan pahala dan manfaat yang besar bagi kita. Yuk, manfaatkan bulan Ramadan ini untuk memperbanyak ibadah, termasuk shalat tarawih 4 rakaat 1 salam.

Leave a Comment

Jenis Tarawih Jumlah Rakaat Jumlah Salam
Tarawih 4 Rakaat 1 Salam 4 1
Tarawih 8 Rakaat 2 Salam 8 2
Tarawih 20 Rakaat 5 Salam 20 5