Bacaan Tarawih 8 Rakaat: Panduan Lengkap dan Maknanya

Bacaan tarawih 8 rakaat – Saat bulan suci Ramadan tiba, umat Islam di seluruh dunia menyambutnya dengan penuh suka cita. Salah satu ibadah yang sangat dinantikan selama bulan ini adalah shalat Tarawih, khususnya Tarawih 8 rakaat. Ibadah ini memiliki makna dan keutamaan yang mendalam, sekaligus menjadi momen spiritual yang istimewa.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas tuntas tentang bacaan Tarawih 8 rakaat, mulai dari makna dan tujuannya, panduan pelaksanaannya, bacaan dan doa khusus, hingga keutamaan dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Yuk, simak selengkapnya!

Bacaan Tarawih 8 Rakaat

Tarawih merupakan ibadah salat sunah yang dikerjakan pada malam-malam bulan Ramadan. Pelaksanaan Tarawih biasanya dilakukan berjamaah di masjid atau musala, namun juga dapat dilakukan secara individu di rumah.

Tarawih terdiri dari beberapa rakaat, dan salah satu jumlah rakaat yang populer adalah 8 rakaat. Shalat Tarawih 8 rakaat memiliki makna dan keutamaan tersendiri dalam tradisi Islam.

Makna dan Tujuan Shalat Tarawih

Shalat Tarawih secara umum bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa, dan memperbanyak pahala di bulan Ramadan.

Sedangkan khusus untuk Tarawih 8 rakaat, dipercaya memiliki makna sebagai pengganti salat sunah rawatib yang biasanya dikerjakan di luar bulan Ramadan.

Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Tarawih 8 Rakaat, Bacaan tarawih 8 rakaat

Shalat Tarawih 8 rakaat memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri, antara lain:

  • Mendapat pahala yang besar setara dengan salat wajib.
  • Menjadi penghapus dosa-dosa kecil.
  • Menambah kedekatan dengan Allah SWT.
  • Menjadi amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Panduan Melaksanakan Shalat Tarawih 8 Rakaat: Bacaan Tarawih 8 Rakaat

Shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadan. Biasanya dilaksanakan setelah shalat Isya dan terdiri dari 8 atau 20 rakaat. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk melaksanakan shalat Tarawih 8 rakaat, beserta bacaan dan gerakannya.

Niat Shalat Tarawih 8 Rakaat

  • Niat shalat Tarawih 8 rakaat: ” Ushalli sunnatan tarawihi tsamaniya raka’atin lillahi ta’ala.”
  • Artinya: “Saya niat shalat sunnah Tarawih 8 rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Pelaksanaan

  1. Rakaat 1-4:Laksanakan shalat seperti biasa, terdiri dari 4 rakaat dengan bacaan surat Al-Fatihah dan surat pendek setelahnya.
  2. Rakaat 5-8:Setelah salam pada rakaat ke-4, istirahat sejenak. Kemudian lanjutkan dengan shalat 4 rakaat lagi, masing-masing terdiri dari 2 rakaat.
  3. Salam:Setelah selesai 8 rakaat, salam untuk mengakhiri shalat.

Bacaan Shalat Tarawih 8 Rakaat

Selain surat Al-Fatihah, berikut bacaan yang dianjurkan saat shalat Tarawih 8 rakaat:

  • Rakaat 1:Surat Al-Kafirun
  • Rakaat 2:Surat Al-Ikhlas
  • Rakaat 3:Surat Al-Falaq
  • Rakaat 4:Surat An-Nas
  • Rakaat 5:Surat Al-Baqarah ayat 1-5
  • Rakaat 6:Surat Ali Imran ayat 1-9
  • Rakaat 7:Surat An-Nisa ayat 1-10
  • Rakaat 8:Surat Al-Maidah ayat 1-10

Bacaan dan Doa Khusus Tarawih 8 Rakaat

Bacaan tarawih 8 rakaat

Melaksanakan shalat Tarawih 8 rakaat merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadan. Selain gerakan shalat, terdapat bacaan dan doa khusus yang disunnahkan untuk dibacakan selama pelaksanaannya.

Bacaan dan doa ini memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri bagi umat Muslim. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membacanya dengan baik dan benar.

Daftar Bacaan dan Doa

  • Rakaat Pertama:Al-Fatihah, Surah Al-Kafirun
  • Rakaat Kedua:Al-Fatihah, Surah Al-Ikhlas
  • Rakaat Ketiga:Al-Fatihah, Surah Al-Falaq
  • Rakaat Keempat:Al-Fatihah, Surah An-Nas
  • Rakaat Kelima:Al-Fatihah, Surah Al-Ma’un
  • Rakaat Keenam:Al-Fatihah, Surah Al-Kausar
  • Rakaat Ketujuh:Al-Fatihah, Surah Al-Ikhlas
  • Rakaat Kedelapan:Al-Fatihah, Surah Al-Falaq

Selain bacaan tersebut, terdapat juga doa-doa khusus yang dianjurkan untuk dibacakan setelah salam pada setiap dua rakaat. Doa-doa tersebut antara lain:

  • Doa Setelah Dua Rakaat Pertama:“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, menyukai ampunan, maka ampunilah aku)
  • Doa Setelah Dua Rakaat Berikutnya:“Allahumma innaka ‘alimul ghuyubi faghfirli maa qaddamt wa maa akhkhart” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui yang ghaib, maka ampunilah aku atas apa yang telah kulakukan dan yang akan kulakukan)
  • Doa Setelah Dua Rakaat Terakhir:“Allahumma innaka taqabbalut tawbah, wa tuhibbul tawwabin, fa taqabbal tawbati” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Menerima taubat, dan menyukai orang-orang yang bertaubat, maka terimalah taubatku)

Keutamaan dan Hikmah Shalat Tarawih 8 Rakaat

Many rakats quran alone prayer

Shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Salah satu keutamaan Tarawih adalah dilipatgandakannya pahala bagi yang melaksanakannya, bahkan pahala seperti melaksanakan ibadah selama satu tahun penuh.

Selain keutamaan tersebut, shalat Tarawih juga memiliki hikmah yang mendalam bagi umat Islam. Di antaranya adalah mempererat hubungan dengan Allah SWT, meningkatkan ketakwaan, dan melatih kesabaran dan keikhlasan.

Keutamaan Shalat Tarawih 8 Rakaat

  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda, bahkan seperti pahala ibadah selama satu tahun penuh.
  • Menghapuskan dosa-dosa kecil yang telah lalu.
  • Menjadi salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT.

Hikmah Shalat Tarawih 8 Rakaat

  • Mempererat hubungan dengan Allah SWT melalui ibadah yang khusyuk dan penuh penghayatan.
  • Meningkatkan ketakwaan dengan melatih kesabaran, keikhlasan, dan fokus pada ibadah.
  • Menjadi sarana untuk melatih diri agar lebih disiplin dan konsisten dalam beribadah.

Tips dan Panduan Praktis untuk Melaksanakan Tarawih 8 Rakaat

Bacaan tarawih 8 rakaat

Shalat Tarawih 8 rakaat merupakan amalan sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadan. Pelaksanaan shalat ini dapat memberikan banyak manfaat spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa tips dan panduan praktis untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan shalat Tarawih 8 rakaat secara optimal:

Bersihkan Diri Secara Lahir dan Batin

Sebelum melaksanakan shalat Tarawih, pastikan untuk membersihkan diri secara lahir dengan berwudhu dan mandi jika memungkinkan. Selain itu, bersihkan juga diri secara batin dengan bertaubat dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah diperbuat.

Tentukan Niat dengan Jelas

Niatkan shalat Tarawih semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dan mencari keridaan-Nya. Jangan niatkan untuk tujuan lain seperti riya atau pamer.

Konsentrasi dan Khusyuk

Saat melaksanakan shalat Tarawih, usahakan untuk tetap fokus dan khusyuk. Hindari pikiran-pikiran yang mengganggu dan fokuslah pada setiap gerakan dan bacaan shalat.

Bacalah Al-Quran dengan Tartil

Pada rakaat-rakaat Tarawih, dianjurkan untuk membaca Al-Quran dengan tartil atau perlahan dan jelas. Hal ini bertujuan untuk memahami makna dari setiap ayat yang dibaca.

Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Manfaatkan waktu setelah shalat Tarawih untuk berdoa dan memanjatkan permohonan kepada Allah SWT. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan mohonlah segala kebaikan di dunia dan akhirat.

Bersikap Sabar dan Istiqomah

Menjalankan shalat Tarawih 8 rakaat bukanlah hal yang mudah, terutama jika dilakukan setiap malam. Namun, tetaplah bersabar dan istiqomah dalam melaksanakannya. Insya Allah, Allah SWT akan memberikan kemudahan dan pahala yang berlimpah.

Akhir Kata

Melaksanakan shalat Tarawih 8 rakaat tidak hanya menjadi kewajiban semata, tetapi juga sebuah kesempatan berharga untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan memahami makna dan hikmahnya, serta melaksanakannya dengan khusyuk, kita dapat memperoleh keberkahan dan pahala yang melimpah. Jadi, mari kita jadikan bulan Ramadan ini sebagai momen untuk meningkatkan ibadah kita, termasuk dengan melaksanakan shalat Tarawih 8 rakaat secara optimal.

Leave a Comment