update-android-12

Fitur Baru, Tanggal Rilis, Update dan Semua yang Anda Perlu Tahu Tentang Android 12

Android 12 adalah penerus Android 11 dan pembaruan utama yang akan muncul nanti pada tahun 2021. Versi uji pertama Android 12 muncul pada bulan Februari dan beta publik dirilis pada bulan Mei. Pembaruan Android 12 terakhir diharapkan akan dirilis pada bulan Agustus pada bulan September.

Versi Android terbaru hanya disebut Android 12, jadi tidak memiliki nama kode yang manis. Ini sudah terjadi dengan Android versi 10 dan Android 11 .

Google biasanya merilis versi baru dari sistem operasi seluler pada bulan Agustus atau September. Pada bulan-bulan sebelumnya, pembaruan diuji secara ekstensif, juga oleh pengguna. Versi uji pertama Android 12 dirilis pada Februari 2021.

Ulasan Android 12: Pro dan Kontra Terbesar dari Update Terkini Android

Karena Google hanya akan merilis Android 12 akhir tahun ini, tetapi selama acara I/O 2021, perusahaan memberi tahu segalanya tentang pembaruan besar. Di bawah ini kami mencantumkan peningkatan paling penting (dan informasi lainnya) untuk Anda.

  • Desain baru dengan lebih banyak opsi personalisasi
  • Fokus pada privasi: Dasbor Privasi
  • Mengaktifkan Asisten Google lebih cepat
  • Bekerja lebih baik dengan perangkat lain
  • Menggunakan toko aplikasi lain
  • Alihkan aplikasi ke mode tidur
  • Beta publik sekarang tersedia Direct r
  • Rilis pada Agustus/September, lalu pabrikan lain

Desain dan Tema Baru

Inovasi utama Android 12 berkaitan dengan desain. Google memperkenalkan ‘ Material You ‘, tampilan yang sama sekali baru untuk sistem operasi seluler. Dan seperti namanya, desainnya lebih cocok dengan apa yang Anda suka.

Android 12 lebih berwarna, minimalis, dan personal dibandingkan pendahulunya. Jika Anda mengatur wallpaper baru di ponsel Anda, warna Android akan disesuaikan. Misalnya, jika wallpaper Anda sebagian besar berwarna hijau, Anda juga akan melihatnya di menu, setelan, dan aplikasi Google.

Panel pengaturan cepat juga terlihat sangat berbeda. Tombol untuk, misalnya, koneksi WiFi Anda, jangan ganggu dan Bluetooth lebih besar dan lebih berwarna. Alih-alih menunjukkan kepada Anda sebanyak mungkin opsi, Anda hanya melihat yang paling penting. Android 12 karena itu agak lebih jelas.

Privasi Kini Menjadi Prioritas di Android 12

Titik fokus lain dari Android 12 adalah privasi. Google ingin Anda memiliki kontrol lebih besar atas data dan izin apa yang digunakan oleh aplikasi. Dasbor Privasi dibuat untuk tujuan ini. Di sini Anda dapat melihat dengan tepat data mana yang dapat dilihat aplikasi Anda, dan izin apa yang mereka miliki.

Misalnya, aplikasi terkadang memerlukan akses ke kamera atau mikrofon Anda agar berfungsi dengan baik. Jika Anda melihat sesuatu yang Anda ragukan, atau jika Anda tidak ingin aplikasi dapat mengakses kamera Anda, Anda dapat menyesuaikannya dengan cepat dan mudah.

Juga sangat berguna: jika sebuah aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon Anda, Anda akan melihat pemberitahuan kecil. Melalui pengaturan, Anda dapat menunjukkan bahwa aplikasi tidak diizinkan menggunakan bagian-bagian ini dari ponsel cerdas Anda. Anda juga dapat mengelola izin di Dasbor Privasi.

Trending: Ngakak! Fitur Bluetooth HP Jadul vs iPhone dan Aplikasi Android Terbaru

Terakhir, Anda mendapatkan kontrol lebih besar atas data lokasi yang Anda bagikan. Itu sudah memungkinkan untuk memberikan izin satu kali kepada aplikasi untuk meminta lokasi Anda, tetapi sekarang Anda juga dapat menunjukkan apakah lokasi yang tepat dibagikan, atau lokasi yang lebih global. Ini memungkinkan aplikasi untuk mengetahui, misalnya, bahwa Anda berada di bagian kota tertentu, tetapi tidak persis di mana.

Asisten Google dan berkolaborasi dengan perangkat lain
Banyak perbaikan lain juga telah dilakukan. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan Asisten Google lebih cepat dengan menekan sebentar tombol on/off pada ponsel cerdas Anda. Berkat Android 12, perangkat Anda juga berfungsi lebih baik dengan perangkat lain.

Misalnya, jika Anda juga menggunakan Android TV, Anda dapat menggunakan ponsel sebagai remote control. Ini juga dimungkinkan dengan Chromecast dengan Google TV , yang kebetulan juga dilengkapi dengan remote control fisik. Jika Anda memiliki Chromebook, foto yang Anda ambil akan disinkronkan ke laptop lebih cepat.

Alihkan aplikasi ke mode tidur

Jika Anda memiliki banyak aplikasi di smartphone Android Anda, ruang penyimpanan akan terisi dalam waktu singkat. Android 12 membantu dalam hal ini dengan membersihkan aplikasi yang sudah lama tidak Anda gunakan. Aplikasi tidak akan dihapus dari perangkat Anda, tetapi penyimpanan dan file sementara akan hilang secara otomatis. Android melakukan ini semua dengan sendirinya, jadi Anda tidak akan pernah memiliki penyimpanan yang terlalu sedikit.

Akhirnya, Google berencana untuk mengirimkan lebih banyak pembaruan sistem melalui Play Store. Ini sangat berguna, karena itu berarti Anda tidak perlu menunggu pabrikan ponsel cerdas Anda menerima patch keamanan penting. Ini cukup dilakukan melalui aplikasi Play Store, yang merupakan standar di setiap ponsel Android. Harap diperhatikan: ini bukan pembaruan perangkat lunak dengan semua jenis fungsi baru, tetapi tambalan keamanan yang lebih kecil yang memastikan bahwa Anda dapat terus menggunakan perangkat Anda dengan aman.

Android 12 Beta Tersedia Untuk Siapa?

Seperti yang disebutkan, Google telah merilis versi pengujian Android 12 yang diperlukan. Yang pertama muncul pada bulan Februari dan perusahaan akan terus merilis pembaruan hingga Agustus. Pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat perencanaan mana yang digunakan Google.

Pada bulan Mei, versi beta publik Android 12 muncul, yang juga dapat diunduh oleh pengguna normal dengan ponsel Pixel. Perangkat dari produsen lain juga berpartisipasi dalam program beta. Pikirkan, misalnya, OnePlus, Oppo, Xiaomi, dan Realme.

Android 12 beta tersedia untuk perangkat berikut:

Asus Zenfone 8 Google Pixel 3 Google Pixel 3a Google Pixel 4 Google Pixel 4 XL Google Pixel 4a Google Pixel 4a 5G Google Pixel 5 OnePlus 9 OnePlus 9 Pro Oppo Temukan X3 Pro Xiaomi MI 11 Xiaomi MI 11 Ultra Xiaomi MI 11i Xiaomi MI 11x Pro realme GT Sharp (perangkat masih belum diketahui) Tecno CAMON 17 TCL 20 Pro Vivo iQOO 7Legend

Dengan cara ini Anda sudah bisa berkenalan dengan Android 12 dan semua inovasi yang ditawarkan pembaruan utama. Terkadang smartphone dari produsen lain juga berpartisipasi dalam program beta, tetapi ini bervariasi per rilis Android.

Apakah ponsel cerdas saya akan mendapatkan pembaruan Android 12?

Sulit untuk dikatakan, dan itu terutama karena jumlah smartphone Android yang tersedia. Jika Anda memiliki smartphone yang cukup baru, Anda dapat berasumsi bahwa Anda akan menerima pembaruan ke Android 12. Jika ponsel Anda sekarang berjalan di Android 11 dan belum menerima banyak pembaruan lainnya, maka versi 12 adalah sebuah kepastian.

Dengan perangkat yang lebih murah – dan terutama smartphone yang telah bertahan selama beberapa tahun – ceritanya akan berbeda. New Android Phones semacam ini menerima pembaruan lebih jarang atau harus menunggu lebih lama. Seringkali smartphone baru yang mahal diperbarui terlebih dahulu. Jadi jika Anda memiliki Samsung Galaxy S21 atau OnePlus 9 Pro misalnya, Anda mungkin tidak perlu menunggu lama untuk Android 12.