Ini Dia Penyebab dan Cara mengatasi Sembelit

Ini Dia Penyebab dan Cara mengatasi Sembelit

Penyebab penyakit sembelit biasanya dikarenakan pengonsumsian makanan yang kurang baik. Sembelit biasanya dianggap bukan masalah serius oleh sebagian besar orang. Tapi tahukah anda kalau penyakit ini dapat menyebabkan kanker, jika penyakit ini ditak dianggap serius dan dibiarkan begitu saja kemungkinan akan memicu terjadinya kanker khususnya kanker lambung.

Sembelit atau susah buang air besar dalam bahasa medis disebut dengan konstipasi, hal ini terjadi pada saat frekuensi buang air besar atau BAB berkurang. Frekuensi buang air besar memang berbeda-beda pada setiap orang. Sehingga tidak ada patokan baku tentang berapa kali buang air besar secara normal terjadi dalam sehari atau seminggu.

Faktor Penyebab Sembelit

Ini Dia Penyebab dan Cara mengatasi Sembelit

Source: pixabay.com

Kurangnya asupan makanan yang berserat dan pengonsumsian air putih yang tidak maksimal dapat memicu terjadinya sembelit, gejala penyakit ini biasanya terasa lama saat buang air besar dan akan menimbulkan rasa sakit pada anus saat mengeluarkan tinja. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa faktor penyebab sembelit yang terjadi.

  • Mengkonsumsi Makanan Penyebab Terjadinya Sembelit

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa makanan manakan yang anda konsumsi dapat menimbulkan sembelit, adapun beberapa makanan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Fast Food / Makanan Olahan

Mengonsumsi makanan olahan memang sangan mudah dan cepat apalagi bagi anda yang sulit untuk meluangkan waktu yang cukup untuk makan, biasanya karena kesibukan bekerja. makanan makanan ini dapat menimbulkan sembelit karena kurangnya kandungan serat didalam makanan tersebut. pengonsumsian dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan penyakit penyakit lainnya.

Baca juga: Gejala Serta Cara Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Baca juga: Gejala Penyakit Akibat Begadang dan Cara Mengatasi Susah Tidur

  • Kafein

Dehidrasi adalah penyebab utama terjadinya sembelit, pengonsumsian kafein yang berlebihan akan menimbulkan dehidrasi pada tubuh sehingga memicu timbulnya sembelit.

  • Biskuit

Biskuit yang tidak mengandung serat juga memicu penyakit ini, jika anda gemar ngemil atau memakan makanan ringan seperti biskuit usahakan anda memilih biskuit yang kaya akan serat.

  • Makan makanan berminyak

Tidak hanya akan menimbulkan sembelit, seperti yang telah kita ketahui, mengonsumsi makanan yang berminyak tidaklah bagus untuk kesehatan anda, minyak yang terkandung dalam makanan tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh anda.

  • Daging merah

Pengolahan daging sapi atau kambing tanpa disertai dengan campuran campuran sayuran lainnya dapat menimbulkan sembelit, karena pengonsumsian daging tanpa sayuran akan membuat lambung anda susah untuk mengolah daging tersebut.

Makanan-makanan diatas adalah penyebab umum terjadinya sembelit, dengan pengkonsumsian serat dan air putih yang cukup akan menghindarkan anda terkena sembelit.

  • Kehamilan

Penyebab sembelit yang berikutnya juga dapat disebabkan ketika anda berada pada masa kehamilan. Hal ini sudah terbukti bahwa sekitar 40% wanita yang sedang hamil akan mengalami sembelit atau konstipasi selama masa kehamilan terutama ketika berada di periode awal kehamilan.

Konstipasi biasanya akan dialami oleh ibu hamil karena selama kehamilan tubuh lebih banyak memproduksi hormon progesteron yang memiliki efek mengendurkan otot sehingga otot usus dapat berkontraksi sehingga ibu hamil sulit untuk buang air besar.

  • Pengaruh Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping susah BAB. Biasanya obat-obatan tersebut mengandung suplemen kalsium, obat anti epilepsi, anti depresan, anti psikotik, pereda  nyeri golongan narkotik seperti morfin dan kodein. Selain itu, obat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti antasida dan anti diare yang bisa menimbulkan konstipasi.

  • Menunda Buang Air Besar

Anak-anak dan orang dewasa biasanya akan memiliki keengganan untuk pergi ke toilet untuk buang air besar, entah karena malu, takut atau memiliki privasi untuk menggunakan toilet atau sebagian alasan lain. Namun, menunda-nunda buang air besar ketika ada desakan untuk melakukannya akan menyebabkan risiko konstipasi . Oleh karena itu, pastikan anda segera untuk menjawab panggilan alam yang terjadi ini.

  • Faktor Psikologis

Kesulitan buang air besar biasanya akan terjadi pada mereka yang memiliki masalah psikis misalnya seperti kecemasan, depresi, trauma kekerasan, pelecehan seksual dan juga stress.

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Cara Alami

Bagaimana dengan anda yang sudah terlanjur terkena sembelit? kali ini kami juga akan membagikan bagaimana cara mengatasi sembelit dengan cara alami.

  • Mengatasi Sembelit dengan Daun Wungu

Daun ini akan membantu anda menghilangkan sembelit karena kandungan kandungan alami yang terdapat didalamnya. cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan merebus daun ini dan dan menyaring sisa sisa dari daun kemudian siap untuk anda minum. Selain daun wungu rebusan kejibeling juga dapat mengatasi masalah sembelit.

  • Mengatasi Sembelit dengan Lidah Buaya

Penggunaan daun lidah buaya untuk mengatasi sembelit sangatlah mudah, anda cukup mengambil isi dari daun lidah buaya dan menyeduhnya dengan air panas dan kemudian siap untuk di konsumsi, sebagai tambahan anda dapat menambahkan madu pada seduhan lidah buaya ini.

Penggunaan daun lidah buaya dapat menyebabkan terjadinya diare jika anda tidak sesuai dengan tata cara penggunaannya. alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mengonsumsi herbal ini.

Cara Menangani Susah Buang Air Besar Secara Umum

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai cara mengatasi sembelit dengan bahan herbal alami, selanjutnya akan kami jelaskan mengenai cara menangani susah buang air besar secara umum. Berikut beberapa langkah penanganan susah BAB atau konstipasi yang bisa anda tangani dengan mengubah gaya hidup.

  • Cukup Meminum Air Putih

Cara yang pertama adalah pastikan anda cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi dan juga melunakkan tekstur dari tinja.

  • Perbanyak Konsumsi Serat

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, cara mengatasi susah BAB dapat anda tangani dengan memperbanyak konsumsi serat minimal 18 hingga 30 gram serat per hari. Anda bisa mendapatkan serat dari sayur, buah, sereal hingga kacang-kacangan.

  • Letakan Kaki di Atas Bangku Rendah

Pada saat anda merasa sembelit atau sulit Buang Air Besar, maka ketika anda buang air besar di toilet duduk pastikan anda meletakkan kaki diatas bangku rendah. Pada saat posisi lutut lebih tinggi dari pinggang maka secara otomatis akan membuat kotoran lebih mudah untuk keluar.

  • Perbanyak Aktivitas Fisik

Memperbanyak aktivitas fisik seperti melakukan olahraga ringan seperti berjalan kali minimal selama 15 menit secara rutin juga dapat membantu melancarkan BAB.

  • Jangan Menunda BAB

Cara mengatasi BAB yang lainnya adalah jangan pernah menunda untuk Buang Air Besar pada saat tubuh anda sudah merasakan desakan untuk BAB karena hal tersebut bisa menyebabkan sembelit jika sering dilakukan.

  • Terapkan Rutinitas BAB Ke Toilet

Pastikan anda menerapkan rutinitas untuk bisa buang air besar ke toilet baik di mana saja dan kapan saja yang terpenting adalah toilet tersebut nyaman untuk digunakan. Penerapan ini sangat penting untuk anda lakukan pada anak anda mulai dari kecil. Pastikan anda membantu anak untuk membiasakan diri dengan aktivitas seperti ini dan berikan mereka pujian dan reward ketika melakukannya.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi sembelit atau susah BAB. Semoga bermanfaat, terimakasih.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*