Tawaf pada Umrah: Tempat, Cara, dan Hikmah

Tawaf pada umrah dilakukan di – Saat melaksanakan ibadah umrah, salah satu rukun yang wajib dikerjakan adalah tawaf. Tawaf merupakan ibadah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, yang memiliki makna dan hikmah mendalam bagi umat Muslim.

Pelaksanaan tawaf dilakukan di Masjidil Haram, tepatnya di sekitar Ka’bah. Arah tawaf dimulai dari sudut Hajar Aswad dan dilakukan berlawanan arah jarum jam. Selama tawaf, umat Muslim memanjatkan doa dan dzikir, memohon ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Pengertian Tawaf pada Umrah: Tawaf Pada Umrah Dilakukan Di

Tawaf adalah salah satu rukun umrah yang wajib dilakukan oleh setiap jemaah. Makna tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di titik yang sama. Tujuan tawaf adalah untuk menunjukkan ketaatan dan penghormatan kepada Allah SWT, serta mengenang perjuangan Nabi Ibrahim AS dalam mencari sumber air untuk putranya, Ismail AS.

Niat Tawaf Umrah

Sebelum melakukan tawaf, jemaah harus mengucapkan niat sebagai berikut:

  • “Aku berniat untuk melakukan tawaf umrah karena Allah SWT.”

Tempat Melaksanakan Tawaf

Tawaf pada umrah dilakukan di

Tawaf dilakukan di area khusus di sekitar Kakbah, yang dikenal sebagai Mataf. Ini adalah area berbentuk setengah lingkaran yang mengelilingi Kakbah dan ditandai dengan garis putih.

Saat melakukan tawaf, jemaah harus mengitari Kakbah sebanyak tujuh putaran, dimulai dari sudut Hajar Aswad.

Arah dan Jumlah Putaran

Tawaf dilakukan dengan berjalan berlawanan arah jarum jam, dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad. Setiap putaran harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan kekhusyukan.

Tata Cara Tawaf

Tawaf merupakan salah satu ibadah wajib dalam umrah yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tata cara tawaf cukup mudah, berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

Niat Tawaf

Sebelum memulai tawaf, niatkan dalam hati bahwa kamu melakukan tawaf karena Allah SWT.

Mulai dari Hajar Aswad, Tawaf pada umrah dilakukan di

Mulailah tawaf dari Hajar Aswad, batu hitam yang berada di salah satu sudut Ka’bah. Cium Hajar Aswad jika memungkinkan, atau sentuh dengan tangan lalu cium tanganmu.

Mengelilingi Ka’bah

Setelah memulai dari Hajar Aswad, kelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Arahkan pandangan ke Ka’bah dan berjalan berlawanan arah jarum jam.

Rukuk di Multazam

Pada putaran ke-7, rukuk dua rakaat di Multazam, area di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Baca doa dan dzikir selama rukuk.

Minum Air Zamzam

Setelah selesai tawaf, minum air zamzam yang tersedia di sekitar Ka’bah. Air zamzam dipercaya memiliki khasiat dan berkah yang luar biasa.

Tawaf Sunah

Setelah tawaf wajib selesai, kamu dapat melakukan tawaf sunah sebanyak dua atau empat kali tambahan. Tawaf sunah dilakukan dengan cara yang sama seperti tawaf wajib.

Doa dan Dzikir Selama Tawaf

Selama melakukan tawaf, disunahkan untuk membaca doa dan dzikir berikut:

  • “Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar”
  • “Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”

Selain doa dan dzikir di atas, kamu juga dapat membaca ayat-ayat Al-Qur’an atau doa-doa lainnya yang kamu hafal.

Hikmah Tawaf pada Umrah

Tawaf pada umrah dilakukan di

Tawaf, salah satu rukun umrah, merupakan ibadah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Ibadah ini bukan sekadar ritual, namun memiliki hikmah mendalam baik secara spiritual maupun fisik.

Manfaat Spiritual Tawaf

  • Memperkuat Hubungan dengan Allah:Tawaf adalah bentuk pengagungan dan penghormatan kepada Allah SWT. Dengan mengelilingi Ka’bah, umat Islam menyatakan ketaatan dan cinta mereka kepada Sang Pencipta.
  • Menghapus Dosa:Tawaf dipercaya dapat menghapus dosa-dosa kecil dan membersihkan hati. Ini menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk bertaubat dan kembali ke jalan yang benar.
  • Meningkatkan Kesabaran dan Ketaatan:Tawaf membutuhkan kesabaran dan ketaatan dalam mengikuti aturan. Ibadah ini melatih umat Islam untuk bersabar dan taat kepada perintah Allah dalam segala aspek kehidupan.

Manfaat Fisik Tawaf

  • Meningkatkan Kesehatan Fisik:Tawaf melibatkan aktivitas fisik yang teratur, yaitu berjalan dan mengelilingi Ka’bah. Aktivitas ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menjaga kebugaran tubuh.
  • Meningkatkan Stamina:Tawaf biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup lama, yang dapat meningkatkan stamina dan ketahanan fisik.
  • Menghilangkan Stres:Tawaf memberikan ketenangan pikiran dan ketenangan. Fokus pada ibadah dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Tips dan Adab Tawaf

Hajj umrah tawaf start

Tawaf merupakan salah satu rukun umrah yang wajib dilaksanakan. Dalam menjalankan ibadah ini, terdapat beberapa tips dan adab yang perlu diperhatikan agar tawaf dapat dilakukan dengan baik dan sesuai syariat.

Tips Praktis Melakukan Tawaf

  • Kenakan pakaian ihram yang sesuai, yakni kain berwarna putih tanpa jahitan.
  • Niatkan tawaf di dalam hati sebelum memulai.
  • Berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
  • Hindari menyentuh Ka’bah atau Hajar Aswad saat mencium atau mengusapnya.
  • Ucapkan doa dan dzikir selama tawaf, seperti “Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar.”

Adab Tawaf

  • Hormati kesucian Ka’bah dan jangan melakukan hal-hal yang dapat merusaknya.
  • Bersikap sopan dan tidak berdesak-desakan.
  • Berdoa dengan khusyuk dan memohon ampunan dari Allah SWT.
  • Hindari bercanda atau berbicara yang tidak sopan.
  • Jika tidak memungkinkan melakukan tawaf di lantai dasar, diperbolehkan tawaf di lantai atas.

Ringkasan Akhir

Umrah sai saiee perform sa tawaf before performing sayee

Tawaf pada umrah menjadi simbol penyerahan diri dan pengagungan kepada Allah SWT. Melalui ibadah ini, umat Muslim memperkuat hubungan spiritual mereka dengan Sang Pencipta dan meneladani perjalanan Nabi Ibrahim AS dalam mencari ridha-Nya.

Leave a Comment