Doa Qunut dan Artinya: Panduan Lengkap untuk Umat Muslim

Dalam praktik ibadah umat Islam, doa qunut memegang peran penting. Doa ini memiliki makna dan keutamaan yang luar biasa, sehingga tidak heran jika banyak Muslim yang ingin memahami doa qunut dan artinya secara mendalam.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang doa qunut, mulai dari pengertian, makna, tata cara membaca, hingga keutamaannya. Dengan membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang doa qunut dan dapat mengamalkannya dengan lebih baik.

Pengertian Doa Qunut

Qunut doa rumi terjemahan bacaan dalam terjemahannya solat jawi islam dhuha dua hikmah nazar maksud surah muslimat wajib ringkas kekuatan

Doa qunut adalah doa yang dibaca dalam salat subuh pada rakaat kedua setelah bangkit dari ruku’. Doa ini merupakan sunah muakkadah, artinya sangat dianjurkan untuk dibaca. Asal-usul doa qunut tidak diketahui secara pasti, namun beberapa ulama berpendapat bahwa doa ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Lafal Doa Qunut

Lafal doa qunut ada beberapa versi, namun yang paling umum adalah sebagai berikut:

Allahumma ihdina fi man hadait, wa’afina fi man ‘afait, wa tawallana fi man tawallait, wa barik lana fi ma a’thait, wa qina syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wala yuqdha ‘alaik, innahu la yadillu man walaita, wala ya’izzu man ‘adaita, tabarakta rabbana wa ta’ala.

Makna dan Arti Doa Qunut

Doa qunut dan artinya

Doa qunut merupakan sebuah doa khusus yang dipanjatkan oleh umat Islam pada saat shalat witir atau shalat subuh di bulan Ramadan. Doa ini memiliki makna dan arti yang mendalam, mencerminkan keyakinan dan harapan umat Islam kepada Allah SWT.

Secara umum, doa qunut berisi permohonan perlindungan, pertolongan, dan ampunan dari Allah SWT. Doa ini juga menjadi bentuk pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT.

1: Makna dan Arti Setiap Frasa dalam Doa Qunut

Setiap frasa dalam doa qunut memiliki makna dan arti tersendiri. Berikut penjelasannya:

  • “Allahumma ihdina fi men hadait…” (Ya Allah, berilah kami petunjuk di antara orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk)
  • “…wa ‘afina fi men ‘afait…” (Dan berikan kami keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau selamatkan)
  • “…wa tawallana fi men tawallait…” (Dan jadikanlah kami dekat di antara orang-orang yang telah Engkau jadikan dekat)
  • “…wa barik lana fi ma a’thait…” (Dan berkahilah kami dalam apa yang telah Engkau berikan)
  • “…wa qina syarra ma qadhait…” (Dan lindungilah kami dari keburukan yang telah Engkau tetapkan)

2: Hikmah dan Manfaat Membaca Doa Qunut

Membaca doa qunut memiliki banyak hikmah dan manfaat, di antaranya:

  • Menunjukkan rasa syukur dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT.
  • Memperkuat keyakinan dan harapan kepada Allah SWT.
  • Menjadi sarana untuk memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT.
  • Menjadi pengingat akan pentingnya menjaga hubungan baik dengan Allah SWT.

Tata Cara Membaca Doa Qunut

Doa qunut dan artinya

Doa qunut merupakan doa yang dibaca dalam salat subuh pada rakaat kedua setelah rukuk. Doa ini memiliki beberapa keutamaan, di antaranya memperlancar rezeki, dikabulkannya doa, dan perlindungan dari segala mara bahaya.

Waktu dan Kondisi Disunnahkan Membaca Doa Qunut

Doa qunut disunnahkan dibaca pada waktu dan kondisi tertentu, yaitu:

  • Salat subuh pada rakaat kedua setelah rukuk
  • Pada saat terjadi bencana atau musibah
  • Saat meminta pertolongan atau perlindungan kepada Allah SWT

Contoh Doa Qunut, Doa qunut dan artinya

Berikut adalah contoh doa qunut yang bisa dibaca:

  • Qunut Nazilah(untuk saat terjadi bencana atau musibah)

    Allahumma inna nastainuka wa nastaghfiruka wa nasaluka al-jannah wa na’udzu bika min an-nar.

    Artinya: “Ya Allah, kami memohon pertolongan-Mu, kami memohon ampunan-Mu, kami memohon surga-Mu, dan kami berlindung kepada-Mu dari neraka.”

  • Qunut Shubuh(untuk salat subuh)

    Allahumma ihdina fi man hadait, wa ‘afina fi man ‘afit, wa tawallana fi man tawalait, wa barik lana fi ma a’thait, wa qina syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yadhillu man walaita, wa la ya’izzu man ‘adhait, tabarakta rabbana wa ta’ala.

    Artinya: “Ya Allah, berilah kami petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah kami keselamatan di antara orang-orang yang Engkau beri keselamatan, jadikanlah kami orang-orang yang Engkau lindungi, berkahilah kami dalam apa yang Engkau berikan, dan hindarkan kami dari keburukan yang telah Engkau tetapkan, karena sesungguhnya Engkau menetapkan dan tidak ada yang dapat menetapkan atas diri-Mu, sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau lindungi dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi.

    Maha Suci Engkau Tuhan kami dan Maha Tinggi.”

Tata Cara Membaca Doa Qunut

Adapun tata cara membaca doa qunut adalah sebagai berikut:

  • Setelah rukuk pada rakaat kedua salat subuh, berdiri tegak dan angkat kedua tangan setinggi bahu.
  • Baca doa qunut dengan suara yang pelan dan jelas.
  • Setelah selesai membaca doa qunut, lanjutkan salat seperti biasa.

Macam-Macam Doa Qunut

Doa qunut dan artinya

Doa qunut merupakan doa yang dibaca pada waktu shalat tertentu. Ada beberapa macam doa qunut yang biasa diamalkan, yaitu:

Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah dibaca pada saat terjadi bencana atau musibah. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk menolak bala dan memberikan perlindungan.

Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh dibaca pada rakaat kedua shalat subuh. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan petunjuk, rahmat, dan ampunan.

Doa Qunut Witir

Doa qunut witir dibaca pada rakaat terakhir shalat witir. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan keselamatan, kesejahteraan, dan ampunan dosa.

Keutamaan Membaca Doa Qunut

Qunut qunoot doa witr duaa pronunciation

Membaca doa qunut dalam shalat witir merupakan amalan sunnah yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Doa ini memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi umat Muslim.

Menurut hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada doa yang paling afdhal setelah doa wajib kecuali doa di pertengahan malam terakhir.”Doa yang dimaksud dalam hadits ini adalah doa qunut.

Manfaat Membaca Doa Qunut

  • Menghapus dosa dan kesalahan
  • Menambah pahala dan kedekatan dengan Allah SWT
  • Melindungi dari bencana dan bahaya
  • Memperoleh ampunan dan rahmat Allah SWT

Pendapat Ulama tentang Pentingnya Doa Qunut

“Doa qunut adalah doa yang mustajab, karena dibaca di waktu yang mustajab (tengah malam).” (Imam An-Nawawi)

“Doa qunut adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan, bahkan sebagian ulama menganggapnya wajib.” (Imam Al-Ghazali)

Ringkasan Akhir: Doa Qunut Dan Artinya

Prayer qunut

Doa qunut adalah amalan yang dianjurkan bagi umat Islam. Dengan memahami makna dan tata cara membacanya, kita dapat memperoleh keberkahan dan manfaat yang luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kualitas ibadah dan kedekatan dengan Allah SWT.

Leave a Comment