Doa Pendek Usai Tarawih, Sempurnakan Ibadah Malam

Usai melaksanakan ibadah Tarawih, jangan lewatkan doa sesudah Tarawih pendek yang akan menyempurnakan amalan malammu. Doa-doa ini sarat akan makna dan keutamaan yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut panduan lengkap tentang doa sesudah Tarawih pendek, mulai dari cara mengucapkan, keutamaan, hingga variasi doanya.

Pengertian Doa Sesudah Tarawih Pendek

Dua taraweeh ki english translation ramadan passion islam

Doa sesudah tarawih pendek merupakan lantunan doa yang dibaca setelah melaksanakan salat tarawih. Doa ini bertujuan untuk memohon ampunan, keberkahan, dan perlindungan dari Allah SWT.

Contoh Doa Sesudah Tarawih Pendek

Berikut ini beberapa contoh doa sesudah tarawih pendek yang populer:

  • “Allahumma inna nas’aluka ridhaka wal jannah, wa na’udzubika min sakhatika wan nar.”(Ya Allah, kami memohon ridha dan surga-Mu, serta berlindung dari murka dan api neraka-Mu.)
  • “Allahummaghfirli dzunuubi, innaka antal ghafuuruur rahiim.”(Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.)
  • “Allahumma inni as’aluka ‘afiyah fid dunya wal akhirah.”(Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat.)

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Tarawih Pendek

Membaca doa sesudah tarawih pendek memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapat ampunan dari Allah SWT.
  • Menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Cara Mengucapkan Doa Sesudah Tarawih Pendek

Taraweeh dua niyat namaz tasbeeh ki salat tasbih tarawih perform men google eid ul

Mengucapkan doa sesudah tarawih merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Doa ini biasanya dibaca setelah selesai melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Ada beberapa panduan yang perlu diperhatikan dalam mengucapkan doa sesudah tarawih pendek ini.

Waktu Mengucapkan Doa

Doa sesudah tarawih pendek sebaiknya diucapkan setelah selesai sholat tarawih. Waktu yang tepat untuk membacanya adalah setelah salam terakhir pada sholat tarawih.

Tata Cara Mengucapkan Doa

Adapun tata cara mengucapkan doa sesudah tarawih pendek adalah sebagai berikut:

  1. Setelah selesai sholat tarawih, duduklah sejenak dan baca doa berikut:

“Allahumma anta as-salamu wa minka as-salamu. Tabaarakta ya dzal jalali wal ikram.”

  1. Setelah membaca doa tersebut, lanjutkan dengan membaca doa-doa lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Doa-Doa Sesudah Tarawih

Selain doa yang telah disebutkan di atas, ada beberapa doa lain yang juga dianjurkan untuk dibaca sesudah tarawih, di antaranya:

  • Doa memohon ampunan
  • Doa memohon rezeki
  • Doa memohon kesehatan
  • Doa memohon kebahagiaan
  • Doa memohon perlindungan

Keutamaan Mengucapkan Doa Sesudah Tarawih Pendek

Mengucapkan doa sesudah tarawih pendek memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, doa ini juga dapat mendatangkan keberkahan dan ampunan dosa.

Salah satu hadis yang menjelaskan keutamaan doa sesudah tarawih adalah dari Abu Hurairah RA yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang melakukan tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Manfaat Mengucapkan Doa Sesudah Tarawih Pendek

  • Mendapatkan ampunan dosa.
  • Memperoleh keberkahan dan pahala.
  • Menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Memperkuat iman dan keyakinan.
  • Mendatangkan ketenangan hati dan pikiran.

Contoh Doa Sesudah Tarawih Pendek

Berikut ini adalah contoh doa sesudah tarawih pendek yang bisa dipanjatkan:

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku, dan dosa seluruh kaum muslimin. Ya Allah, terima amal ibadah kami, dan jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang taat. Ya Allah, berkahilah kami dan keluarga kami, serta limpahkanlah rahmat dan karunia-Mu kepada kami.”

Variasi Doa Sesudah Tarawih Pendek

Doa sesudah tarawih pendek

Setelah melaksanakan ibadah tarawih, disunahkan untuk membaca doa penutup. Berikut beberapa variasi doa sesudah tarawih pendek yang bisa diamalkan:

Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ هَذِهِ اللَّيْلَةِ المُبَارَكَةِ، وَبِحَقِّ مَنْ قَامَ فِيهَا مُتَعَبِّدًا لَكَ، وَبِحَقِّ مَنْ أَحْيَاهَا تَالِيًا لِكِتَابِكَ، أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي، وَأَنْ تُعِينَنِي عَلَى قِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَأَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي صِيَامِي وَقِيَامِي وَدُعَائِي وَتَوْبَتِي وَاسْتِغْفَارِي، وَأَنْ تُنْجِينِي مِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَأَنْ تُدْخِلَنِي جَنَّتَكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan hak malam yang penuh berkah ini, dan dengan hak orang yang bangun di dalamnya untuk beribadah kepada-Mu, dan dengan hak orang yang menghidupkannya dengan membaca kitab-Mu, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku, dan menolongku dalam menjalankan ibadah malam Lailatul Qadar, dan menerima puasaku, salatku, doaku, taubatku, dan permohonan ampunku, dan menyelamatkanku dari azab neraka, dan memasukkan aku ke dalam surga-Mu dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Contoh Doa Sesudah Tarawih Pendek

Doa tarawih kamilin sholat setelah pendek salat surat artinya ramadan sesudah kupang sumsel tribun

Mengucapkan doa setelah menunaikan ibadah tarawih merupakan salah satu amalan sunah yang dianjurkan. Berikut ini beberapa contoh doa sesudah tarawih pendek yang bisa diamalkan:

Doa 1

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami yang telah lalu dan yang akan datang, yang kami lakukan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Ya Allah, Engkaulah tempat kami berlindung dari segala keburukan. Ya Allah, berkahilah kami pada malam ini dan jagalah kami dari segala kejahatan. Amin.

Doa 2

Ya Allah, kami mohon kepada-Mu keutamaan malam Lailatul Qadar. Ya Allah, jadikanlah malam ini sebagai malam pengampunan dan pembebasan dari api neraka. Ya Allah, terima amal ibadah kami pada malam ini. Amin.

Doa 3, Doa sesudah tarawih pendek

Ya Allah, kami bersyukur atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, lindungilah kami dari segala marabahaya dan musibah. Ya Allah, jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang selalu bersyukur dan bertakwa. Amin.

Penutupan Akhir

Doa sesudah tarawih pendek

Jadikan doa sesudah Tarawih pendek sebagai penutup sempurna untuk ibadah malammu. Dengan memanjatkan doa-doa ini, kamu tidak hanya memperoleh pahala, tetapi juga mempererat hubunganmu dengan Sang Pencipta.

Leave a Comment