Shalat Tarawih Minimal Berapa Rakaat?

Shalat tarawih paling sedikit berapa rakaat – Jelang bulan suci Ramadan, umat Islam bersiap menunaikan ibadah sunah yang penuh keutamaan, yaitu shalat tarawih. Namun, tahukah kamu berapa jumlah rakaat minimal dalam shalat tarawih? Mari kita bahas bersama.

Menurut pendapat yang paling masyhur di kalangan ulama, shalat tarawih paling sedikit dikerjakan dua rakaat. Ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, “Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan shalat malam di bulan Ramadan atau di luarnya lebih dari sebelas rakaat, yaitu shalat witir satu rakaat dan shalat tarawih delapan rakaat.”

Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Shalat tarawih paling sedikit berapa rakaat

Shalat tarawih merupakan ibadah sunah yang dikerjakan pada malam hari selama bulan Ramadan. Jumlah rakaat dalam shalat tarawih bervariasi, namun terdapat pendapat yang berbeda mengenai jumlah minimalnya.

Pendapat Mayoritas

Menurut pendapat mayoritas ulama, jumlah rakaat minimal dalam shalat tarawih adalah 8 rakaat. Shalat ini dapat dikerjakan dalam 2 rakaat salam atau 4 rakaat salam. Misalnya, jika dikerjakan dalam 2 rakaat salam, maka jumlah rakaatnya adalah 8 rakaat (4 rakaat x 2 salam).

Pendapat Minoritas

Ada juga pendapat minoritas yang menyatakan bahwa jumlah rakaat minimal dalam shalat tarawih adalah 6 rakaat. Pendapat ini didasarkan pada hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengerjakan shalat tarawih sebanyak 6 rakaat.

Meski terdapat perbedaan pendapat, namun mayoritas ulama berpendapat bahwa jumlah rakaat minimal dalam shalat tarawih adalah 8 rakaat. Jumlah ini dianggap lebih afdal dan sesuai dengan sunah Rasulullah SAW.

Tata Cara Shalat Tarawih

Tarawih raka islamqa

Shalat Tarawih merupakan ibadah sunah yang dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadan. Shalat ini memiliki keutamaan yang besar dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Shalat Tarawih terdiri dari beberapa rakaat, yaitu paling sedikit 8 rakaat dan paling banyak 20 rakaat. Shalat ini biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid atau musala.

Tata Cara Shalat Tarawih

  1. Niat shalat Tarawih, yaitu: “Ushalli sunnatal taraawiihi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”
  2. Takbiratul ihram, yaitu: “Allahu Akbar.”
  3. Membaca surah Al-Fatihah dan surah pendek.
  4. Rukuk.
  5. I’tidal.
  6. Sujud.
  7. Duduk di antara dua sujud.
  8. Sujud kedua.
  9. Duduk tasyahud akhir.
  10. Salam.

Shalat Tarawih dapat dilakukan dengan cara qashar (dikerjakan 8 rakaat) atau tamam (dikerjakan 20 rakaat). Jika dikerjakan secara qashar, maka setiap rakaatnya dikerjakan 2 rakaat dengan salam di setiap 2 rakaat.

Sedangkan jika dikerjakan secara tamam, maka setiap rakaatnya dikerjakan 4 rakaat dengan salam di setiap 4 rakaat.

Waktu Pelaksanaan Shalat Tarawih: Shalat Tarawih Paling Sedikit Berapa Rakaat

Taraweeh rakats madina makkah harmain

Shalat Tarawih merupakan salah satu ibadah sunah yang dianjurkan selama bulan Ramadan. Pelaksanaannya pun memiliki waktu yang khusus dan umum dilakukan oleh umat Islam.

Waktu yang Dianjurkan

Waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan shalat Tarawih adalah pada sepertiga malam terakhir. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

“Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan ibadah karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Waktu Umum yang Dilakukan

Meskipun waktu yang dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir, namun masyarakat umumnya melaksanakan shalat Tarawih setelah shalat Isya. Hal ini dilakukan agar dapat berjamaah bersama dan mempermudah pengaturan waktu.

Waktu Lain

Shalat Tarawih juga boleh dilaksanakan di waktu lain selama bulan Ramadan, seperti setelah shalat Maghrib atau setelah shalat Subuh. Namun, pelaksanaannya tidak dianjurkan karena mengurangi kekhusyukan dan fokus ibadah.

Keutamaan Shalat Tarawih

Taraweeh rakats rakat many prayer

Shalat tarawih merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Pelaksanaan shalat tarawih memberikan banyak keutamaan dan pahala bagi umat Islam.

Manfaat Spiritual

Melaksanakan shalat tarawih dapat meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT. Ibadah ini menjadi sarana untuk memperbanyak dzikir, doa, dan istighfar, sehingga dapat membersihkan hati dan menenangkan jiwa.

Pahala yang Berlimpah

Shalat tarawih dijanjikan pahala yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang melakukan shalat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Penghapus Dosa

Shalat tarawih juga menjadi salah satu amalan yang dapat menghapus dosa. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang shalat tarawih pada malam pertama bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i)

Menjadi Jalan Menuju Surga, Shalat tarawih paling sedikit berapa rakaat

Shalat tarawih yang dikerjakan secara berjamaah dapat menjadi jalan menuju surga. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang shalat tarawih pada malam pertama bulan Ramadan, maka Allah akan menuliskan baginya pahala shalat dua puluh sembilan malam.” (HR. Ibnu Majah)

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Nightly prayers qiyam

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan selama bulan Ramadan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melaksanakan shalat tarawih agar dapat memaksimalkan manfaatnya.

Tips Memaksimalkan Manfaat Shalat Tarawih

  • Niatkan ibadah dengan ikhlas karena Allah SWT.
  • Khushu dan fokus selama shalat.
  • Perbanyak doa dan dzikir setelah shalat.
  • Menjaga wudu dan membaca Al-Qur’an.
  • Berjamaah dengan orang lain.

Hadis tentang Shalat Tarawih

“Barang siapa yang mendirikan shalat pada malam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka diampuni dosanya yang telah lalu.”

– HR. Bukhari dan Muslim

Kesimpulan

Shalat tarawih paling sedikit berapa rakaat

Shalat tarawih merupakan ibadah sunah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Dengan mengetahui jumlah rakaat minimalnya, kita dapat melaksanakan ibadah ini dengan benar dan khusyuk. Semoga ibadah tarawih kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi jalan bagi kita untuk meraih ampunan dan keberkahan di bulan yang penuh berkah ini.

Leave a Comment