Doa Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat: Kunci Rahmat dan Ampunan

Setelah melaksanakan ibadah sholat tarawih yang khusyuk, jangan lupa untuk melengkapinya dengan doa-doa yang dianjurkan. Doa-doa setelah sholat tarawih 20 rakaat ini dipercaya memiliki keutamaan dan keberkahan yang luar biasa, membuka pintu ampunan dan mengabulkan segala hajat.

Berikut penjelasan lengkap tentang doa setelah sholat tarawih 20 rakaat, mulai dari bacaan doa utama, doa tambahan, tata cara membaca, hingga keutamaan dan manfaatnya.

Doa Utama Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat

Tarawih dua taraweeh tasbih ramadan

Setelah menunaikan ibadah sholat tarawih yang terdiri dari 20 rakaat, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa penutup. Doa ini berisi permohonan ampunan, perlindungan, dan berkah dari Allah SWT.

Bacaan Doa Utama

Berikut adalah bacaan doa utama setelah sholat tarawih 20 rakaat:

  1. Allahumma inna nas’aluka min khoiri ma sa’alta ibaduka, wa na’udzubika min syarri masta’adza minka ibaduka, wa nas’aluka min jannatika, wa na’udzubika min narika.

Makna dan Keutamaan

Doa ini memiliki makna sebagai berikut:

  • Memohon kebaikan yang telah diminta oleh para hamba Allah.
  • Berlindung dari segala keburukan yang dihindari oleh para hamba Allah.
  • Memohon surga dan berlindung dari neraka.

Membaca doa ini sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Menghapus dosa.
  • Membuka pintu rezeki.
  • Mempermudah jalan menuju surga.

Doa Tambahan Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat

Taraweeh dua prayer rakat after ramadan arabic duaa ultimate discussion time allah choose board islam

Menjalankan ibadah sholat tarawih 20 rakaat merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Selain mengerjakan sholat tarawih, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa-doa tambahan setelahnya. Doa-doa ini memiliki manfaat dan keutamaan yang besar, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada beberapa doa tambahan yang dapat dibaca setelah sholat tarawih 20 rakaat. Di antaranya adalah:

Doa Iftitah

Doa iftitah dibaca setelah salam terakhir sholat tarawih. Doa ini berisi permohonan ampunan atas dosa-dosa dan memohon pertolongan Allah SWT dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan.

Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah dibaca setelah rakaat ke-8 sholat tarawih. Doa ini berisi permohonan perlindungan dari segala bencana dan musibah, serta memohon pertolongan Allah SWT dalam menghadapi kesulitan.

Doa Witr

Doa witr dibaca setelah sholat tarawih selesai. Doa ini berisi permohonan ampunan atas dosa-dosa dan memohon keberkahan dari Allah SWT.

Selain doa-doa tersebut, umat muslim juga dapat membaca doa-doa lainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Yang terpenting adalah membaca doa dengan penuh kekhusyukan dan berharap ridha Allah SWT.

Tata Cara Membaca Doa Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat

Doa setelah sholat tarawih 20 rakaat

Setelah menunaikan sholat tarawih 20 rakaat, dianjurkan untuk membaca doa penutup. Doa ini merupakan bentuk syukur dan permohonan kepada Allah SWT atas kesempatan beribadah di bulan suci Ramadan.

Waktu Membaca Doa

Doa setelah sholat tarawih 20 rakaat dibaca setelah salam terakhir dari sholat tarawih. Dianjurkan untuk membaca doa segera setelah salam, sebelum beranjak dari tempat sholat.

Adab Membaca Doa

Saat membaca doa, dianjurkan untuk memperhatikan adab berikut:

  • Menghadap kiblat
  • Mengangkat kedua tangan setinggi pundak
  • Membaca doa dengan suara yang jelas dan lantang
  • Berkonsentrasi dan merenungkan makna doa

Isi Doa

Doa setelah sholat tarawih 20 rakaat berisi pujian kepada Allah SWT, shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, permohonan ampunan dosa, dan doa untuk keselamatan di dunia dan akhirat.

Doa Mustajab Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat

Doa setelah sholat tarawih 20 rakaat

Membaca doa setelah sholat tarawih 20 rakaat memiliki keutamaan besar. Doa-doa ini dipercaya mustajab dan dapat mengabulkan hajat-hajat kita. Berikut ini beberapa doa mustajab yang dapat dibaca setelah sholat tarawih 20 rakaat beserta keutamaan dan waktu yang tepat untuk membacanya.

Doa Pembuka

Membaca doa pembuka sebelum berdoa mustajab setelah sholat tarawih 20 rakaat sangat dianjurkan. Doa pembuka ini berisi pujian kepada Allah SWT dan permohonan agar doa-doa kita diterima.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat. Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad. Allahumma inni as’aluka bi haqqi Muhammadin ‘alayka, wa bi haqqi ali Muhammadin ‘alayka, wa bi haqqi syahri Ramadhan ‘alayka, wa bi haqqi lailati qadri ‘alayka, an tushalliya ‘alayya wa ‘ala waalidayya, wa ‘ala ahli wa mawaliy, wa ‘ala man wajib haqquhu ‘alayya, wa ‘ala jami’i ummati Muhammadin shalla Allahu ‘alayhi wa sallam.

Doa Mohon Ampunan

Membaca doa mohon ampunan setelah sholat tarawih 20 rakaat sangat penting untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah diperbuat. Doa ini juga dapat membantu kita terhindar dari siksa neraka.

  • Astaghfirullahal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwa al-hayyul qayyum wa atubu ilayh.
  • Allahummaghfirli dzanbi katsiran wa qalilan wa ‘awwalihi wa aakhirihi wa ‘alaniyatihi wa sirrihi wa ‘alaniyyatihi wa jahrihi.

Doa Mohon Rezeki

Membaca doa mohon rezeki setelah sholat tarawih 20 rakaat dapat membantu kita melancarkan rezeki dan membuka pintu-pintu keberkahan. Doa ini juga dapat membantu kita terhindar dari kemiskinan dan kesusahan.

Allahumma inni as’aluka rizqan halalan tayyiban min rizqika al-wasii’.

Doa Mohon Kesehatan

Membaca doa mohon kesehatan setelah sholat tarawih 20 rakaat dapat membantu kita menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit. Doa ini juga dapat membantu kita meningkatkan imunitas tubuh dan semangat hidup.

Allahumma ‘afini fi badani, Allahumma ‘afini fi sam’i, Allahumma ‘afini fi basari, la ilaha illa anta.

Doa Mohon Kemudahan, Doa setelah sholat tarawih 20 rakaat

Membaca doa mohon kemudahan setelah sholat tarawih 20 rakaat dapat membantu kita mengatasi berbagai kesulitan dan rintangan dalam hidup. Doa ini juga dapat membantu kita menemukan solusi terbaik untuk setiap masalah yang kita hadapi.

Allahumma yassir wa la tu’assir.

Doa Mohon Perlindungan

Membaca doa mohon perlindungan setelah sholat tarawih 20 rakaat dapat membantu kita terhindar dari berbagai bahaya dan kejahatan. Doa ini juga dapat membantu kita merasa aman dan tentram dalam hidup.

Allahumma inni a’udzu bika min syarri ma khalaqta.

Ilustrasi Keutamaan Membaca Doa Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat

Doa setelah sholat tarawih 20 rakaat

Membaca doa setelah sholat tarawih 20 rakaat merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Doa-doa ini mengandung permohonan dan harapan kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan keberkahan dan ampunan.

Salah satu kisah yang menggambarkan keutamaan membaca doa setelah sholat tarawih 20 rakaat adalah kisah tentang seorang sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Abdullah bin Mas’ud. Beliau senantiasa membaca doa setelah sholat tarawih dan Allah SWT mengabulkan doanya dengan memberikan banyak rezeki dan kemudahan dalam hidupnya.

Manfaat Doa Setelah Sholat Tarawih 20 Rakaat

Membaca doa setelah sholat tarawih 20 rakaat memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun duniawi. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Memperoleh ampunan dosa dan keberkahan dari Allah SWT.
  • Mendapat ketenangan hati dan pikiran.
  • Terhindar dari berbagai musibah dan bencana.
  • Memperlancar rezeki dan memudahkan segala urusan.
  • Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Ringkasan Akhir

Tarawih sholat shalat idul imam fitri ramadan adha perbedaan tata illustration niat persamaan serta gebet haji witir sunnah isyraq pahala

Jadikanlah doa setelah sholat tarawih 20 rakaat sebagai bagian tak terpisahkan dari ibadah malam Anda. Dengan membaca doa-doa ini, Anda akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan ampunan atas dosa-dosa, dan meraih keberkahan di dunia dan akhirat.

Leave a Comment