Apa Itu VPN? Fungsi VPN dan Software VPN Gratis Terbaik Untuk Android & IOS

Apa Itu VPN? Fungsi VPN dan Software VPN Gratis Terbaik Untuk Android & IOS

Sebelum kami menjawab apa itu VPN, fungsi VPN dan software VPN terbaik untuk perangkat Android dan IOS Anda, sebelumnya jawablah pertanyaan sederhana ini!

Anda pernah terhubung ke jaringan Wi-Fi public dan khawatir tentang bagaimana penyedia layanan Internet Anda menggunakan data Anda? Mungkin Anda hanya ingin membuka blokir acara Netflix favorit yang tidak tersedia di wilayah Anda berada saat ini?

Kalau jawaban dari pertanyaan diatas adalah “yes!” maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan VPN, atau jaringan pribadi virtual untuk membuka semua Batasan koneksi Anda.

Dalam banyak kesempatan, kami telah menyarankan pembaca untuk menggunakan jaringan VPN pribadi saat menghubungkan ke jaringan nirkabel (Wi-Fi) publik.

Dengan cara ini, lalu lintas yang dihasilkan berjalan terenkripsi dan sulit bagi pihak ketiga untuk mencuri informasi rahasia. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang jenis jaringan ini, beberapa kegunaan yang diberikan padanya, protokol enkripsi, di antara informasi terkait lainnya.

Fungsi VPN adalah sebagai layanan yang mengenkripsi data Anda dan menyembunyikan alamat IP Anda dengan memantulkan aktivitas jaringan Anda melalui rantai aman ke server lain yang jauhnya bermil-mil.

VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih komputer ke jaringan pribadi menggunakan Internet. Seperti yang kami jelaskan di artikel tentang apa gunanya VPN , perusahaan sering menggunakan jaringan ini sehingga karyawan mereka, dari rumah, hotel, dll., dapat mengakses sumber daya perusahaan yang tidak dapat mereka akses dengan cara lain.

Dengan menggunakan software VPN yang banyak tersedia untuk perangkat apapun yang Anda gunakan, maka Anda akan mampu menyembunyikan identitas Anda secara online, bahkan di jaringan Wi-Fi publik, sehingga Anda dapat menjelajahi Internet dengan aman dan anonim.

Namun, menghubungkan komputer karyawan ke sumber daya perusahaan hanyalah salah satu dari banyak fungsi VPN yang akan kami jelaskan lebih lanjut.

Ini Alasan mengapa Anda harus menggunakan VPN

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu VPN, mari jelaskan mengapa Anda membutuhkannya, dan mengapa Anda akan Melihat VPN untuk Hidup Anda Jauh Lebih Penting dari Sebelumnya

  1. VPN Menjamin Keamanan di jaringan Wi-Fi publik

Wi-Fi publik memang merupakan solusi murah untuk koneksi Anda, tetapi sadarkah bahwa Anda sedang mengorbankan keamanan Anda dalam berselancar di Internet?

Saat Anda menjawab email di kedai kopi lokal atau dengan senang menelusuri media sosial Anda di fasilitas umum, seseorang mungkin juga sedang berselancar bersama Anda dan melacak aktivitas online Anda.

Nah, dengan menggunakan VPN, Anda telah melindungi data Anda saat berada di jaringan lain, menyembunyikan riwayat penelusuran, informasi perbankan, kata sandi akun, dan lainnya dari orang asing yang jahat di Internet.

  1. Aplikasi VPN Menyediakan Privasi Data Anda dari Penyedia Layanan Internet Anda

Selama Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah Anda, Anda cenderung tidak akan diserang oleh orang asing daripada koneksi publik. Namun, data Anda masih rentan.

ISP atau Penyedia Layanan Internet Anda (Comcast, Spectrum, Verizon, atau perusahaan lain yang Anda bayar untuk Wi-Fi setiap bulan) dapat mengakses semua data Internet Anda. ISP Anda dapat melihat kapan, di mana, dan bagaimana Anda menjelajah.

TRENDING:  Download Aplikasi Kirim Uang Tanpa Rekening Paling Murah ke Indonesia

Data ini dapat dikumpulkan dan dijual kepada pengiklan bahkan jika Anda menggunakan fitur penjelajahan “pribadi”, dan dapat berbahaya di tangan yang salah jika terjadi pelanggaran data. Software VPN yang dapat dengan mudah anda instal ke perangkat Android dan IOS Anda, dapat membantu menyembunyikan alamat IP Anda dari ISP Anda sendiri.

  1. Privasi data aplikasi dan layanan yang Anda gunakan

ISP Anda bukan satu-satunya kewajiban potensial yang Anda bawa ke rumah Anda sendiri. Sayangnya, banyak aplikasi dan layanan Internet favorit kami, terutama Facebook, mendapat kecaman karena cara mereka menggunakan data penggunanya.

VPN akan mencegah aplikasi dan situs web mengaitkan perilakunya dengan alamat IP komputer Anda. Anda juga dapat membatasi pengumpulan lokasi dan riwayat browser Anda.

  1. Privasi Data Dari Pemerintah Anda

Meskipun banyak ISP, aplikasi, dan pusat data internet menyarankan agar mereka tidak menjual data penelusuran Anda ke pemerintah, informasi tersebut tetap menemukan jalannya ke tangan mereka—bahkan di AS.

Sejak 2013, ketika Edward Snowden pertama kali mengungkapkan bahwa Verizon telah menjual data internet dan telepon pengguna ke NSA, orang Amerika menjadi lebih sadar akan berbagai cara pemerintah mengawasi dan mengumpulkan data mereka. Setelah kebocoran Snowden, dan kemarahan berikutnya, beberapa undang-undang diberlakukan untuk mengekang pengawasan pemerintah.

Namun, baru-baru ini pada Januari tahun ini, Badan Intelijen Pertahanan melewati undang-undang yang menuntut lembaga pemerintah membuat surat perintah sebelum memaksa perusahaan telepon untuk data pengguna mereka dengan membayar pialang data pihak ketiga untuk data yang sama, menurut New York Times.

Jika Anda ragu dengan penjangkauan pemerintah, VPN adalah investasi yang baik untuk melindungi data Anda.

  1. Akses ke Konten Apapun di Setiap Tempat

Meskipun Hulu mungkin tidak menyukai penggunaan VPN oleh Anda untuk melakukan streaming episode Criminal Minds terbaru di negara di mana konten tidak ditawarkan, penggunaan VPN adalah pemanfaatan teknologi yang tidak ilegal (di AS dan di sebagian besar negara), dan ini membantu memberikan manfaat yang bermanfaat serta solusi untuk pembatasan konten.

VPN memalsukan lokasi Anda, membuatnya seolah-olah Anda menjelajah dari tempat lain, hanya dengan sekali sentuhan dengan melakukan proses download dan instal apk software VPN favorit Anda.

  1. Keamanan Saat Bekerja dari Jarak Jauh

Salah satu manfaat aplikasi VPN adalah fitur enkripsi datanya. Enkripsi, atau memasukkan data ke dalam format kode sehingga maknanya tidak jelas, memungkinkan Anda untuk menyimpan informasi rahasia dengan aman.

Jika Anda seorang individu yang berpikir untuk berinvestasi dalam VPN untuk perusahaan Anda, salah satu manfaatnya adalah pekerja dapat terhubung ke jaringan kantor Anda dan melihat materi sensitif di perangkat mereka sendiri saat jauh dari kantor. Karena pekerjaan jarak jauh tampaknya memungkinkan bahkan setelah pandemi berakhir, VPN adalah investasi yang berguna untuk menjaga keamanan materi rahasia di luar lokasi.

 

  1. Mudah Digunakan

Meskipun kita semua ingin menambahkan lebih banyak keamanan ke dalam hidup kita, beberapa perangkat dan proses keamanan tampak seperti lebih banyak upaya daripada yang layak bagi mereka yang tidak menyukai teknologi. VPN, bagaimanapun, mudah digunakan. Beberapa penyedia telah menciptakan antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna yang membuat instalasi dan penggunaan tersedia untuk non-teknisi.

  1. Dapat Beradaptasi dengan Banyak Perangkat Cerdas

Meskipun banyak dari kita mungkin pertama kali mencoba VPN di laptop pinjaman perusahaan, banyak layanan VPN juga melindungi perangkat pintar lain seperti ponsel, tablet, dan komputer desktop Anda. Setiap perusahaan VPN mungkin menawarkan paket perlindungan yang sedikit berbeda dan memiliki kapasitas berbeda untuk melindungi perangkat yang berbeda, tetapi banyak penyedia menawarkan paket yang membantu Anda tetap aman di beberapa perangkat.

  1. Hemat Cerdas

Jika Anda bersedia melakukan sedikit riset, VPN dapat membantu Anda menghemat uang melalui kemampuan spoofing lokasinya.

TRENDING:  Download APK Software VPN Terbaik 2021

Banyak jenis bisnis, seperti layanan berlangganan dan maskapai penerbangan, menawarkan fasilitas atau produk yang sama dengan harga yang berbeda. Jika Anda mengubah tampilan lokasi Anda ke tempat di mana layanan ditawarkan lebih murah, Anda bisa mendapatkan penghematan besar.

Batasan VPN Gratis Untuk Aplikasi Anda

Meskipun VPN adalah alat yang hebat untuk membantu memisahkan lokasi Anda (dan dalam banyak hal, Anda) dari data Anda, itu tidak menghilangkan segala sesuatu tentang Anda dan jejak digital Anda seluruhnya di Internet.

Jika Anda mengikuti kuis Facebook atau menyukai postingan di Instagram, aplikasi yang Anda gunakan saat terhubung ke VPN masih dapat menggunakan perilaku Anda untuk menyesuaikan iklan dan konten dalam aplikasi.

Mereka mungkin tidak tahu dari mana Anda menjelajah, tetapi mereka akan tetap tahu apa yang Anda lakukan di aplikasi mereka. Demikian pula, jika cookie diaktifkan di komputer Anda, perusahaan dapat mengikuti Anda saat Anda berada di situs mereka—dan setelahnya.

Data lengkap Anda tidak mungkin dihilangkan dengan menggunakan software VPN saja. Menggabungkan perlindungan VPN dengan Tor, alat sumber terbuka yang memungkinkan Anda menjelajahi web secara anonim, dan langkah-langkah keamanan lainnya diperlukan untuk keamanan yang lebih lengkap.

Jadi apa itu VPN? Apapun itu, VPN bukanlah alat yang sempurna. Seperti program komputer lainnya, mereka rentan terhadap malware dan serangan online. Jika terinfeksi, manfaat keamanan VPN akan dibatalkan.

Kemungkinan serangan dan pelanggaran keamanan meningkat dengan menggunakan aplikasi software VPN gratis. Untuk menutup biaya bisnis mereka, layanan VPN “gratis” dapat menjual data pengguna atau menjalankan iklan yang dapat terinfeksi malware. Jika fungsi VPN adalah untuk meningkatkan privasi data Anda, maka berinvestasi dalam VPN berbayar adalah pilihan terbaik Anda.