Cara Mengamalkan Doa Nurbuat untuk Mendapatkan Berkah dan Kemuliaan

Dalam khazanah doa Islam, terdapat doa yang dikenal dengan nama Doa Nurbuat. Doa ini memiliki makna dan keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim yang mengamalkannya. Artikel ini akan mengulas tuntas cara mengamalkan Doa Nurbuat beserta waktu-waktu mustajab untuk membacanya.

Doa Nurbuat merupakan doa yang dipanjatkan untuk memohon keberkahan dan kemuliaan kepada Allah SWT. Doa ini berasal dari Nabi Muhammad SAW dan memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya.

Pengertian Doa Nurbuat

Cara mengamalkan doa nurbuat

Doa Nurbuat adalah sebuah doa yang diyakini berasal dari Rasulullah SAW. Doa ini memiliki makna yang sangat dalam dan mengandung berbagai manfaat bagi umat Islam yang mengamalkannya.

Asal-usul Doa Nurbuat tidak diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa riwayat yang menyebutkan bahwa doa ini pertama kali diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabatnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Berikut adalah teks Doa Nurbuat beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia:

Teks Arab:اللهم نور قلبي بنور معرفتك، وفهم حكمتك، وذكر نعمتك، وحسن عبادتك، إنك على كل شيء قدير.

Terjemahan:Ya Allah, terangilah hatiku dengan cahaya ilmu pengetahuan-Mu, pemahaman hikmah-Mu, ingatkan aku akan nikmat-Mu, dan perindahlah ibadahku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Keutamaan Mengamalkan Doa Nurbuat: Cara Mengamalkan Doa Nurbuat

Cara mengamalkan doa nurbuat

Mengamalkan Doa Nurbuat secara rutin dipercaya membawa banyak keutamaan dan manfaat. Doa ini diyakini memiliki khasiat untuk:

Manfaat dan Keutamaan Membaca Doa Nurbuat:

  • Memperoleh ampunan dosa
  • Meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT
  • Melindungi diri dari bala dan bencana
  • Memperoleh rezeki yang berkah
  • Mendapatkan ketenangan hati

Dalam sebuah hadits disebutkan, “Barangsiapa membaca Doa Nurbuat sebanyak 100 kali, maka Allah akan mengampuni dosanya dan mengangkat derajatnya di sisi-Nya.”

Tata Cara Mengamalkan Doa Nurbuat

Doa Nurbuat merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Islam. Doa ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya untuk memohon perlindungan Allah SWT, memperlancar rezeki, dan memudahkan segala urusan.

Waktu dan Tempat Mengamalkan

Doa Nurbuat dapat diamalkan pada waktu-waktu yang mustajab, seperti sepertiga malam terakhir, setelah shalat fardhu, atau saat sedang bermunajat kepada Allah SWT. Tempat yang tepat untuk mengamalkan doa ini adalah di tempat yang tenang dan sepi, sehingga dapat fokus dan khusyuk dalam berdoa.

Cara Mengamalkan

  • Berwudhu terlebih dahulu.
  • Duduk dengan tenang dan rileks.
  • Tutup mata dan fokus pada napas.
  • Baca doa Nurbuat sebanyak 33 kali.
  • Setelah selesai, tiupkan ke telapak tangan dan usapkan ke seluruh wajah.

Tips Mendapatkan Hasil Maksimal

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari mengamalkan Doa Nurbuat, ada beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Amalkan secara rutin dan istiqomah.
  • Yakin dan percaya pada keutamaan doa.
  • Berdoa dengan khusyuk dan penuh penghayatan.
  • Mohonlah kepada Allah SWT dengan sepenuh hati.

Waktu yang Tepat Mengamalkan Doa Nurbuat

Mengamalkan Doa Nurbuat pada waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang doa dikabulkan. Berikut adalah waktu-waktu mustajab yang disarankan untuk membaca Doa Nurbuat:

Saat Sujud

Ketika sujud dalam salat, saat itulah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Posisi sujud yang dekat dengan Allah memudahkan doa kita untuk dikabulkan.

Saat sepertiga Malam Terakhir

Waktu sepertiga malam terakhir, sekitar pukul 02.00 hingga 05.00, dipercaya sebagai waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Pada waktu ini, Allah turun ke langit dunia dan mendengarkan doa-doa hamba-Nya.

Setelah Salat Fardhu

Usai melaksanakan salat fardhu, waktu beberapa menit setelahnya juga merupakan waktu yang baik untuk berdoa. Pada saat ini, hati masih bersih dan fokus sehingga doa dapat dipanjatkan dengan lebih khusyuk.

Saat Hujan

Saat hujan turun, langit sedang terbuka dan rahmat Allah sedang melimpah. Momen ini sangat baik untuk memanjatkan doa, termasuk Doa Nurbuat.

Saat Berpuasa

Selama berpuasa, doa-doa yang dipanjatkan juga lebih mudah dikabulkan. Puasa dapat membersihkan jiwa dan membuat hati lebih dekat dengan Allah.

Doa-doa Pendukung Doa Nurbuat

Selain Doa Nurbuat, terdapat doa-doa pendukung yang dapat diamalkan untuk melengkapi dan memperkuat manfaatnya. Doa-doa ini memiliki keutamaan dan manfaat yang beragam, membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan.

Doa Pembuka

  • Bismillahirrahmanirrahim(Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)
  • Alhamdulillahilladzi hadana lihadzal bitha’i wa ma kunna lahuda munhtdin wa la mudrikkin illa an yahdiyanallah(Segala puji bagi Allah yang telah menuntun kami pada tempat ini. Kami tidak akan pernah sampai pada tempat ini jika tidak mendapat petunjuk dari-Nya)

Doa Permohonan Ampunan, Cara mengamalkan doa nurbuat

  • Astaghfirullahal ‘adzim alladzi la ilaha illa huwa al-hayyul qayyum wa atubu ilaih(Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya)
  • Allahummaghfir li dzunubi wa li walidayya wa lil mukminin wal mukminat(Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, kedua orang tuaku, orang-orang mukmin dan mukminat)

Doa Permohonan Keselamatan

  • Allahumma inni as’aluk as-salamata fil qauli wal fil(Ya Allah, aku memohon keselamatan kepada-Mu dalam perkataan dan perbuatan)
  • Allahumma inni as’aluk as-salamata wal afiyata wal maghfirah wal husna fil khatimah(Ya Allah, aku memohon keselamatan, kesehatan, ampunan, dan akhir yang baik)

Doa Permohonan Rezeki

  • Allahumma inni as’aluk rizqan halalan tayyiban(Ya Allah, aku memohon rezeki yang halal dan baik)
  • Allahumma inni as’aluk rizqan la yakifu minhu wa inni as’aluk rizqan la yafna minhu(Ya Allah, aku memohon rezeki yang mencukupi dan tidak pernah habis)

Doa Permohonan Kebahagiaan

  • Allahumma inni as’aluk as-sa’adah fid dunya wal akhirah(Ya Allah, aku memohon kebahagiaan di dunia dan di akhirat)
  • Allahumma inni as’aluk ridhaka wal jannah wa a’udzu bika min sakhatika wan naar(Ya Allah, aku memohon ridha-Mu dan surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari murka-Mu dan neraka)

Terakhir

Dengan mengamalkan Doa Nurbuat secara rutin, umat muslim dapat meraih berbagai manfaat dan keutamaan. Doa ini menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon segala kebaikan dalam kehidupan.

Leave a Comment