Doa Qunut: Panduan Lengkap Teks, Terjemahan, dan Maknanya

Doa qunut beserta artinya – Doa qunut, sebuah permohonan tulus yang dipanjatkan saat shalat, memiliki arti dan makna yang mendalam. Sebagai salah satu doa penting dalam tradisi Islam, doa qunut menawarkan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya.

Dalam artikel ini, kita akan menyelami doa qunut, mengupas teks dan terjemahannya, makna dan tafsirnya, serta manfaat dan keutamaannya. Kami juga akan mengeksplorasi variasi doa qunut yang ada dalam tradisi Islam, memberikan panduan lengkap untuk memahami dan mengamalkan doa ini dengan benar.

Pengertian Doa Qunut

Doa qunut adalah sebuah doa yang dibaca dalam salat witir atau subuh. Kata “qunut” berasal dari bahasa Arab yang berarti “tunduk” atau “berdiri lama”. Doa ini merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk dibaca, terutama saat terjadi musibah atau bencana.

Asal-usul Doa Qunut

Doa qunut pertama kali diturunkan kepada Rasulullah SAW pada saat terjadi Perang Badar. Saat itu, Rasulullah SAW memohon pertolongan kepada Allah SWT agar kaum muslimin diberikan kemenangan. Sejak saat itu, doa qunut menjadi bagian dari sunnah Rasulullah SAW dan terus diamalkan oleh umat Islam hingga sekarang.

Waktu Membaca Doa Qunut

Doa qunut dapat dibaca dalam dua waktu, yaitu:

  • -*Salat Witir

    Dibaca setelah rakaat kedua dan sebelum rakaat terakhir.

  • -*Salat Subuh

    Dibaca setelah rakaat kedua dan sebelum salam.

Tata Cara Membaca Doa Qunut

Tata cara membaca doa qunut adalah sebagai berikut:

  • Berdiri tegak dan angkat kedua tangan seperti saat berdoa.
  • Baca doa qunut dengan khusyuk dan pelan.
  • Setelah selesai membaca doa qunut, turunkan tangan dan lanjutkan salat seperti biasa.

Teks dan Terjemahan Doa Qunut

Doa qunut beserta artinya

Doa qunut adalah doa yang dibaca dalam salat subuh pada rakaat terakhir setelah rukuk. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan perlindungan, petunjuk, dan kebaikan.

Teks Doa Qunut, Doa qunut beserta artinya

Berikut adalah teks doa qunut dalam bahasa Arab dan Indonesia:

Bahasa Arab Bahasa Indonesia
اللهم اهدنا فيمن هديت وعافنا فيمن عافيت وتولنا فيمن توليت وبارك لنا فيما اعطيت وقنا شر ما قضيت فإنك تقضي ولا يقضى عليك وإنه لا يذل من واليت ولا يعز من عاديت تباركت ربنا وتعاليت Ya Allah, berilah kami petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, selamatkan kami di antara orang-orang yang Engkau selamatkan, jagalah kami di antara orang-orang yang Engkau jaga, berkahilah kami pada apa yang Engkau berikan, dan lindungi kami dari keburukan yang Engkau tetapkan. Karena Engkaulah yang menetapkan, dan tidak ada yang bisa menetapkan sesuatu terhadap-Mu. Dan sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau lindungi, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, Tuhan kami, dan Maha Tinggi.

Makna dan Tafsir Doa Qunut

Doa qunut beserta artinya

Doa qunut merupakan doa yang dibaca setelah ruku’ pada sholat witir atau sholat subuh pada saat tertentu. Doa ini memiliki makna dan tafsir yang mendalam, mengandung permohonan perlindungan dan keselamatan dari segala keburukan.

Makna Doa Qunut

Makna doa qunut secara umum adalah memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT. Doa ini berisi permohonan agar dijauhkan dari segala keburukan, fitnah, dan bencana, serta diberikan petunjuk dan bimbingan dalam kehidupan.

Tafsir Doa Qunut

Doa qunut terdiri dari beberapa bagian, masing-masing memiliki makna dan tafsir yang berbeda:

  • “Allahumma ihdina fi man hadait…”(Ya Allah, berilah kami petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk…)
  • Bagian ini merupakan permohonan agar diberikan petunjuk dan bimbingan dalam kehidupan, agar tidak tersesat atau terjerumus ke dalam kesesatan.

  • “Wa’afina fi man ‘afait…”(Dan selamatkan kami di antara orang-orang yang Engkau selamatkan…)
  • Bagian ini merupakan permohonan agar dijauhkan dari segala bahaya, bencana, dan fitnah, serta diberikan keselamatan dan perlindungan.

  • “Wa tahhorna fi man tahharta…”(Dan sucikan kami di antara orang-orang yang Engkau sucikan…)
  • Bagian ini merupakan permohonan agar dibersihkan dari segala dosa dan kesalahan, serta diberikan kesucian hati dan jiwa.

  • “Wa zidna fi man zidta…”(Dan tambahkanlah kami di antara orang-orang yang Engkau tambahkan…)
  • Bagian ini merupakan permohonan agar diberikan tambahan nikmat, berkah, dan rezeki, serta dimudahkan dalam segala urusan.

  • “Wa barik lana fi ma a’thaita…”(Dan berkahilah kami dalam apa yang Engkau berikan…)
  • Bagian ini merupakan permohonan agar segala nikmat dan rezeki yang diberikan Allah SWT bermanfaat dan berkah, serta dijauhkan dari keburukan.

Demikianlah makna dan tafsir doa qunut, semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang doa ini.

Manfaat dan Keutamaan Membaca Doa Qunut

Doa qunut beserta artinya

Membaca doa qunut dalam salat memiliki sejumlah manfaat dan keutamaan yang patut kita ketahui. Doa ini dapat membantu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperoleh ampunan, dan meraih ridha-Nya.

Keutamaan Membaca Doa Qunut

  • Memperoleh ampunan dari Allah SWT.
  • Mendapat pahala yang berlimpah.
  • Menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Memperkuat iman dan keyakinan.
  • Menolak bala dan bencana.

Manfaat Membaca Doa Qunut

  • Menjadi lebih khusyuk dalam salat.
  • Membantu kita mengendalikan hawa nafsu.
  • Meningkatkan kesadaran kita akan dosa-dosa kita.
  • Membantu kita bersyukur atas nikmat Allah SWT.
  • Memberikan ketenangan hati dan pikiran.

Dengan membaca doa qunut secara rutin, kita dapat merasakan manfaat dan keutamaannya yang luar biasa. Doa ini menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan meraih ridha-Nya.

Variasi Doa Qunut

Dalam tradisi Islam, terdapat variasi doa qunut yang dipanjatkan dalam salat tertentu. Doa-doa ini memiliki tujuan dan redaksi yang berbeda, sesuai dengan konteks salat yang dilakukan.

Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah adalah doa yang dipanjatkan ketika umat Islam ditimpa musibah atau kesulitan. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan, pertolongan, dan kemudahan dalam menghadapi cobaan yang sedang dialami.

Doa Qunut Subuh

Doa qunut subuh adalah doa yang dipanjatkan dalam salat subuh. Doa ini berisi pujian kepada Allah SWT, serta permohonan berkah dan ampunan atas segala dosa dan kesalahan.

Doa Qunut Witir

Doa qunut witir adalah doa yang dipanjatkan dalam salat witir. Doa ini berisi permohonan perlindungan dari segala macam kejahatan, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, serta doa agar diberikan petunjuk dan kekuatan dalam menjalani kehidupan.

Perbedaan Doa Qunut

Perbedaan utama antara doa qunut nazilah, subuh, dan witir terletak pada tujuan dan redaksi doanya. Doa qunut nazilah bersifat khusus untuk memohon pertolongan dalam menghadapi musibah, sementara doa qunut subuh dan witir berisi doa-doa umum untuk memohon berkah, ampunan, dan perlindungan.

Ulasan Penutup: Doa Qunut Beserta Artinya

Doa qunut adalah harta karun spiritual yang kaya akan makna dan manfaat. Dengan memanjatkan doa ini dengan sepenuh hati, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT, memohon perlindungan dan pertolongan-Nya, serta mendekatkan diri kepada-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.

Leave a Comment