Cara Mudah Memilih Nama Untuk Bayi yang Bagus dan Sesuai

Cara Mudah Memilih Nama Untuk Bayi yang Bagus dan Sesuai

Memberi nama anak mesti yang bermakna baik. Itu yang ditekankan oleh orang tua dahulu (kakek dan nenek). Agar nantinya anak menjadi seperti yang diharapkan dalam namanya. Jangan asal memilih nama bayi karena terdengar unik saja.

Pilih nama bayi yang terdengar enak di telinga dan terkandung doa orang tua terhadap anak. Itu nasihat yang diberikan oleh orang tua terhadap anaknya yang sebentar lagi akan mempunyai anak (bayi). Pantangan dan larangan tidak boleh memberi nama contohnya musibah, prihatin juga merupakan nasihat yang harus kita dengarkan.

Orang tua kita (kakek dan nenek) mengatakan hal tersebut pasti ada alasannya. Tidak ada nasihat yang diberikan oleh orang tua tanpa ada dasar pertimbangannya. Orang tua kita (kakek dan nenek) tentu lebih berpengalaman dibanding anaknya yang baru akan menjadi orang tua.

Memilih nama anak yang baik juga akan berpengaruh terhadap orang tuanya. Anak yang mempunyai nama unik (aneh), tentu orang di sekitarnya akan membicarakannya. Mengapa orang tuanya memberi nama seperti itu.

Apa tidak ada nama lainnya yang lebih cocok, begitu pula bagi orang yang belum mengenal sosok yang mempunyai nama unik, saat orang tersebut membaca namanya yang sedikit aneh, tentu ada sedikit pertanyaan dalam hati.

Cara Mudah Memilih Nama Untuk Bayi

Analisa nama bayi memang tidak sekedar mengkreasikan nama baru, tetapi analisa nama anak juga melihat dari berbagai macam nama bayi yang ada di dunia. Orang dapat mengetahui orang yang belum diketahui, disebabkan analisa nama perempuan. Analisa nama laki-laki dilakukan agar anak tersebut mempunyai arti baik. Banyak nama bayi di daerah tertentu mempunyai arti kurang baik, padahal di daerah lain bermakna baik.

Analisa nama cewek harus mencari nama yang unik dan spesifik yang mencerminkan segi feminin, sedangkan analisa nama cowok harus mencerminkan segi maskulinnya. Jangan memberi nama anak cewek yang terlihat macho (maskulin) atau nama bayi cowok yang terlihat lembut (feminin). Sesuaikan nama dengan jenis kelamin anak, agar anak tidak merasa bingung dengan nama yang disandangnya kelak.

Cara Memberikan Nama yang Bagus untuk Bayi

Cara Memberikan Nama yang Bagus untuk Bayi

Source: pixabay.com

Memberikan suatu nama kepada anak merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Nama akan menjadi suatu identitas bagi anak tersebut hingga akhir hayatnya nanti karena dari nama itu pula lah seseorang bisa dikenali. Ia akan menjadi suatu icon bagi seseorang.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memilihkan nama untuk sang buah hati untuk itu anda tidak boleh sembarangan memberi nama bayi. Hal ini perlu dilakukan agar di kemudian hari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena terlalu rumitnya memilih nama bayi, hal ini sering melibatkan keluarga besar dalam prosesnya meski keputusan akhir tetap di tangan kedua orang tuanya.

Sebelum memutuskan sebuah nama hendaknya orang tua memperhatikan faktor penting memilih nama bayi. Hendaknya menghindari nama yang bisa membuat bingung jenis kelaminnya.

Untuk itu sebaiknya Anda melakukan analisa nama perempuan dan analisa nama laki-laki sehingga Anda memiliki banyak bahan pertimbangan apakah nama yang Anda pilih tersebut sudah sesuai dengan jenis kelamin bayi Anda. Bila Anda tidak melakukan analisa nama anak terlebih dahulu, dikhawatirkan nama yang Anda pilih merupakan nama perempuan padahal bayi Anda laki-laki.

Tentu kasihan kepada si anak nantinya apabila terus-terusan dikira perempuan padahal ia laki-laki. Banyak orang tua yang terpengaruh dengan trend ketika memilih nama bayi. Mereka berpikir dengan memberikan nama orang yang cukup terkenal pada era itu, mereka berharap anak mereka pun bisa terkenal dan tenar seperti bintang.

Padahal tidak sedikit para bintang tersebut memiliki tingkah laku kurang baik. Tentu hal ini akan memberi citra buruk pula bagi anak yang menyandang nama sama dengan bintang tersebut. Untuk itu hendaknya dalam memilih nama, orang tua bisa melakukan uraian nama bayi yang memang cocok dengan apa yang menjadi harapan orang tua.

Ada beberapa orang tua yang menginginkan anaknya memiliki nama yang cukup unik, namun hendaknya dalam hal ini juga tetap diperhatikan keindahannya saat didengar. Jangan hanya karena ingin beda terus sembarangan memberi namanya.

Baca juga: Beberapa Cara Yang Efektif Dalam Mengajarkan Anak Membaca ABC

Dalam proses memilih nama yang unik hendaknya orang tua tetap melakukan analisa nama cewek atau analisa nama cowok yang unik yang bias dijadikan pilihan.

Biarkan Anak Anda Memberikan Nama Untuk Adik Barunya

Orang tua yang telah mempunyai anak, sering sekali mengatakan kepada si sulung bahwa dia akan mempunyai adik. Anak tersebut biasanya dengan antusias akan mengatakan berbagai hal-hal yang akan dia lakukan, bila adik bayinya lahir.

Memilih nama bayi kadang membutuhkan waktu lama. Banyak alternatif nama-nama bayi yang ada di buku nama-nama bayi. Tetapi sering kali kurang pas atau kurang sesuai. Analisa nama bayi juga telah dilakukan, namun masih belum menemukan yang cocok.

Bagaimana kalau anda mencoba menanyakan kepada kakaknya tentang nama untuk calon adik bayinya. Kadang ide nama bayi anak dapat kita peroleh dari seorang anak yang masih kecil. Tidak sedikit anak yang mempunyai pikiran dan kecerdasan yang melebihi orang dewasa.

Sering kali anak kecil membuat orang dewasa kagum akan kecerdasannya. Setelah anda mendapatkan ide nama bayi anak, anda tinggal analisa nama anak apakah sesuai dan pas bila nama-nama tersebut digabung menjadi sebuah nama.

Analisa nama perempuan haruslah nama itu terlihat feminin. Sedangkan analisa nama laki-laki, nama tersebut harus terlihat maskulin. Memilih nama bayi dapat juga dengan mengajak anak (si sulung) untuk melakukan analisa nama cowok atau analisa nama cewek. Sering kali anak-anak dapat memberikan pandangan yang mungkin tidak terpikir oleh orang tua.

Hal ini mungkin saja terjadi karena orang tua terlalu banyak yang dipikirkan. Ide nama bayi anak dari seorang anak dapat menjadi bahan pertimbangan. Anak yang sejak kecil biasa diajak berbicara sambil berdiskusi akan berani untuk mengungkapkan pendapatnya. Ini akan membuat anak saat dewasa nanti, menjadi anak yang berani untuk mengungkapkan pendapatnya.

Membiarkan anak memberikan nama untuk adik barunya akan memberikan nilai positif dalam perkembangan mental (psikologi) anak. Sebagai orang tua kita harus bangga mempunyai anak yang berani mengungkapkan pendapatnya.

Anak yang berani mengungkapkan pendapat adalah anak cerdas. Berbahagialah orang tua yang mempunyai anak pemberani, asal masih dalam batas kewajaran. Selalu bimbing anak tersebut agar menjadi anak yang pemberani dan bertanggung jawab.

Bagaimana Cara Memilih Nama Bayi Laki-Laki Yang Bagus?

Bagaimana Cara Memilih Nama Bayi Laki-Laki Yang Bagus

Source: pixabay.com

Apakah anda orang tua yang baru mempunyai bayi laki-laki? Anda bingung dengan nama yang ingin diberikan kepada bayi laki-laki anda? Anda takut akan memberikan nama yang tidak baik pada bayi laki-laki anda?

Persoalan-persoalan diatas sangat sering terjadi pada orang tua yang baru pertama kali mempunyai bayi.

Memang benar, nama yang baik akan membawa kebaikannya bagi siapa yang memakainya, maka dari itu pemilihan nama bagi sang bayi adalah proses yang sakral bagi beberapa masyarakat di Indonesia, mereka bahkan memiliki upacara adat khusus yang ditujukan untuk mencari nama yang tepat bagi sang bayi.

Itulah mengapa bagi orang tua, harus dituntut memberikan nama yang didalamnya terkandung kebaikan, karena sang bayi akan memakai nama itu sampai akhir hidupnya.

Mungkin jika kita tinggal disuatu daerah tertentu, pemilihan nama akan dibantu tidak hanya dari keluarga, tapi juga dari masyarakat sekitar, tapi karena kita hidup didaerah perkotaan atau metropolitan, pemilihan nama bayi hanya bergantung kepada keputusan keluarga.

Maka, berdasarkan fakta-fakta diatas, tujuan dibuatnya artikel ini adalah mengajak orang tua khususnya orang tua yang baru memiliki bayi untuk mau lebih teliti dalam memilih nama bagi sang bayi dan memberikan beberapa saran yang bisa dilakukan orang tua dalam pemilihan nama sang bayi.

Inilah beberapa saran yang bisa dilakukan orang tua dalam memilih nama bayi laki-laki, selamat membaca.

  • Analisa nama bayi

Maksud dari point ini adalah menginginkan agar orang tua mampu memberikan nama yang tepat dalam menunjukkan siapa bayi mereka. Jika bayi anda adalah seorang laki-laki, maka pilihlah nama bayi yang menunjukkan bahwa dia adalah laki, dan jangan sebaliknya, jika bayi laki-laki anda diberi nama yang bisa mencerminkan perempuan

  • Ambillah nama bayi laki-laki anda dari kitab kepercayaan kita masing-masing

Didalam kitab kepercayaan kita masing-masing tentunya banyak sekali tersedia nama yang sangat baik, bagus dan memiliki arti/ makna yang didalamnya terkandung kebaikan. Jika anda memilih nama bayi dari kitab kepercayaan kita masing-masing maka anda bisa yakin dengan nama yang anda pilih, tentunya anda harus paham dengan maksud dan arti nama yang anda ambil itu.

  • Selalu diskusikan nama bayi laki-laki yang anda dipilih dengan keluarga

jika anda telah melakukan point-point diatas, tentunya anda dan keluarga akan memiliki banyak sekali pilihan nama yang baik untuk sang bayi. Maka dari itu, diskusikanlah selalu nama yang ada untuk mendapatkan nama yang terbaik di mana ditaruh banyak harapan kepada sang bayi.

Kamus Arti Nama Anak

Memilih nama bayi adalah kegiatan yang cukup dinanti-nantikan oleh orang tua. Terutama, mereka yang baru akan mempunyai anak untuk pertama kalinya. Momen-momen memilih nama anak, biasanya, dikenang sebagai momen istimewa yang dapat diceritakan kepada anak saat ia lebih besar.

Apa saja faktor penting memilih nama bayi? Ada beberapa. Faktor yang paling sering disebut adalah faktor makna. Analisis nama bayi hendaknya menghasilkan makna yang bagus. Kemudian juga kewajaran pelafalan maupun ejaan. Anda boleh saja memberikannya nama yang ‘canggih’, namun, mampukah nama itu dicatat dengan benar oleh petugas akta?

Bukankah kita sering mendengar kisah-kisah lucu tentang kesalahan pencatatan? Bahkan, Oprah Winfrey, talkshow host terkenal dan paling berpengaruh itu adalah korban kesalahan pencatatan. Namanya, seharusnya, adalah Orpah, namun dicatat sebagai ‘Oprah’ oleh petugas akta! Tidak usah bingung-bingung harus ke mana mencari nama.

Kunjungi saja internet, di mana tersimpan ribuan kumpulan nama bayi, berupa ebook nama bayi maupun kamus nama bayi. Lengkap pula dengan analisis nama anak. Di babynamewizard.com, anda bisa melakukan analisis nama perempuan dan analisis nama laki-laki tidak hanya dari artinya.

Anda bisa mendapatkan gambaran grafis mengenai popularitas nama tersebut dari tahun 1880-2010! Lebih jauh lagi, anda bisa melihat di negara bagian mana saja nama tersebut sedang in (khusus untuk Amerika). Belum cukup, ada fitur pemeringkatan; anda bisa memberikan rating terhadap suatu nama.

Kriteria rating adalah (apakah nama terdengar) pintar, seksi, ramah, kreatif, kuat, atau modern? Ada juga babynames.com yang menyediakan pilihan nama-nama bayi dari ratusan bahasa asal. Untuk situs lokal, mayoritas situs yang keluar adalah yang menyediakan pilihan nama-nama bernuansa Islami, seperti name.crazyartzone.com, namabayi.info, dan nama-anak.com.

Apapun nama yang kelak anda pilih, pilihlah yang mengandung arti yang baik dan terdengar enak pula di telinga. Boleh saja unik, (seperti Bung Karno yang menamai anak-anaknya dengan kata-kata bertema alam, atau Iwan Fals yang menamai almarhum putranya Galang Rambu Anarki) namun jangan sampai aneh.

Itulah informasi mengenai cara memilih nama bayi yang bagus dan mudah baik untuk bayi laki-laki ataupun bayi perempuan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*