Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Aman dan Cepat Sembuh

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Aman dan Cepat Sembuh

Banyak orang yang telah mencoba berbagai obat alami asam urat namun tak kunjung berhasil menangani penyakit ini. Pada dasarnya, tidak ada obat yang tidak mempan. Kondisi tubuh, kebutuhan nutrisi pasien dan tingkat keparahan penyakit juga mempengaruhi efek obat yang dikonsumsi.

Sayangnya banyak orang yang langsung memukul rata dan menganggap bahwa beberapa obat alami untuk asam urat tidak manjur sama sekali.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang aman dan ampuh hingga cepat sembuh.

Obat Alami Asam Urat yang Ampuh dan Mujarab

Bagi Anda yang menderita asam urat menahun maupun pasien baru penyakit ini, ada beberapa obat alami asam urat yang wajib dicoba. Namun, jangan berpuas diri dulu karena khasiat dan efek obat pada setiap orang berbeda-beda.

Ada beberapa orang yang langsung bisa merasakan khasiatnya dan ada beberapa obat yang butuh lebih banyak waktu untuk menunjukkan khasiatnya. Berikut beberapa obat alami asam urat yang ampuh dan mujarab yang bisa anda coba membuatnya sendiri dirumah.

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Seledri

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Seledri

Source: pixabay.com

Daun kecil berwarna hijau yang biasanya dipadukan di beberapa makanan ini ternyata memiliki khasiat untuk mengobati asam urat. Kandungan nutrisi pada daun selederi, seperti asam folat, zat besi, asam amino, vitamin B dan Vitamin A terkandung dalam daun Slederi.

Selain dikenal sebagai obat alami asam urat, daun Selederi juga bisa mengatasi rematik. Cara penggunaannya pun mudah, cukup ambil beberapa bunga daun selederi dan rebus dengan air. Air rebusan itulah yang harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang manjur.

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe

Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe

Source: pixabay.com

Jahe dikenal sebagai salah satu jenis umbi yang memiliki khasiat manjur untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk sebagai obat alami asam urat. Efek hangat pada tubuh ternyata berkhasiat untuk mengaktifkan syaraf dan urat karena memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh.

Jahe selama ini dikenal sebagai tanaman obat yang manjur untuk mengobati sesak napas. Bila bosan dengan sajian wedang jahe, Anda bisa menambahkan jahe pada sup atau kudapan lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Nyeri Pada Perut Saat Datang Bulan Atau Haid

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak

Source: pixabay.com

Satu lagi manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh, yakni sebagai obat alami asam urat. Daun Sirsak memang kaya akan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh, baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak atau untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Untuk kasus asam urat, Anda bisa menggunakan beberapa helai daun sirsak yang sudah dibersihkan untuk direbus dan dijadikan ramuan tradisional. Pastikan Anda mengonsumsi ramuan ini secara rutin untuk merasakan manfaat yang lebih cepat.

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Bunga Rosela

Cara Mengobati Asam Urat dengan Bunga Rosela

Source: pixabay.com

Bunga berwarna merah kehitaman ini ternyata juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri sendi dan asam urat. Tidak heran jika bunga rosella dipercaya sebagai obat alami asam urat. Kandungan vitamin A, asam Amino, Vitamin C dan asam lignin yang tinggi pada bunga ini dapat mengatasi asam urat menahun.

Sedangkan untuk pengolahannya, bunga Rosela diseduh seperti obat asam urat alami lainnya. Caranya, ambil beberapa bunga Rosela yang telah dikeringkan. Cuci hingga bersih bunga kering tersebut dan seduh dengan air panas.

Rasa getir akan anda rasakan sesaat setelah menyesap ramuan ini. Biasanya, beberapa orang mencampur ramuan bunga Rosela dengan air gula atau madu untuk menghilangkan rasa getir.

  • Mengobati Asam Urat dengan Buah Chery

Mengobati Asam Urat dengan Buah Chery

Source: pixabay.com

Hanya ada sedikit jenis buah yang bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Salah satu buah tersebut adalah buah Chery yang mengandung banyak sekali magnesium dan juga potassium. Kedua zat ini dipercaya dapat mengurangi inflamasi dan juga pembengkakan yang sering dialami oleh para penderita asam urat.

Anda tidak perlu repot repot untuk mengolah buah Chery untuk mengobati asam urat. Cukup mengonsumsi beberapa buah Chery setiap hari, baik disantap bersama makanan lain atau memakan buah tersebut secara langsung. Alternatif lain adalah dengan membuat sirup buah Chery.

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Terapi Ikan

Cara Mengobati Asam Urat dengan Terapi Ikan

Source: dream.co.id

Pada dasarnya, rematik maupun asam urat merupakan ketidakmampuan syaraf pada tubuh untuk menjalankan fungsinya seperti biasa. Beberapa orang malah menganggap bahwa asam urat dan rematik terjadi karena urat dan syaraf telah mati.

Bila Anda tidak ingin mengonsumsi obat alami asam urat, maka bisa mencoba alternatif lain untuk mengobati asam urat yaitu dengan terapi ikan. Terapi ikan biasanya dilakukan dengan mencelupkan kaki atau tangan ke dalam kolam yang berisi ikan kecil.

Gigitan ikan akan menstimulasi syaraf yang mati sehingga penderita asam urat bisa merasakan kembali syaraf di sekitar kaki dan tangan. Bila penderita merasa geli, itu artinya syaraf-syaraf sudah kembali ‘hidup’.

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Terapi Air Hangat

Cara Mengobati Asam Urat dengan Terapi Air Hangat

Source: viva.co.id

Terapi lain bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat. Prinsipnya pun sama dengan terapi ikan karena pada dasarnya memaksa bagian syaraf yang mati untuk merasakan kembali rangsangan sentuhan di sekitarnya.

Air hangat dapat membuat urat yang kaku menjadi rileks. Dengan demikian, diharapkan dapat memicu syaraf kembali aktif dan bisa merasakan sentuhan. Terapi air hangat juga dipercaya bisa meredakan inflamasi dan pembengkakan. Terapi ini cocok dilakukan selama Anda masih mengonsumsi obat alami asam urat.

  • Cara Mengobati Asam Urat dengan Alkupuntur

Cara Mengobati Asam Urat dengan Akupuntur

Source: pixabay.com

Meski alkupuntur juga dikategorikan ke dalam terapi, tapi tak ada salahnya bukan untuk mencoba hal ini? Banyak praktisi kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi obat untuk asam urat yang alami sembari melakukan berbagai jenis terapi.

Tapi untuk alkupuntur, disarankan untuk melakukan terapi ini saat tidak terjadi pembengkakan karena saat inflamasi bisa menyebabkan pendarahan kecil. Terapi alkupuntur juga biasanya dilakukan di bagian lain, bukan di tempat terjadinya pembengkakan. Pastikan bila Anda memilih jasa alkupuntur terpercaya dan telah teruji kemampuannya.

  • Peregangan dan Olah Raga Ringan

Peregangan dan Olah Raga Ringan

Source: pixabay.com

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat adalah dengan melakukan perenggangan atau olah raga ringan. Olah raga akan membantu Anda untuk menjaga otot tubuh lentur dan tidak kaku. Selain itu, olah raga juga dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Tidak perlu melakukan olah raga berat, cukup melakukan perenggangan secara rutin setiap pagi di bawah sinar matahari niscaya akan membantu mengurangi nyeri pada bagian tubuh yang sakit. Dan hentikan jika terjadi nyeri atau sakit pada beberapa bagian tubuh karena tujuan olah raga adalah untuk melenturkan setiap syaraf tubuh, bukan menyiksa Anda.

Dari sekian banyak obat yang alami untuk menyembuhkan asam urat, hampir semua pilihan tersebut mudah dilakukan setiap hari. Mengonsumsi obat dari dokter memang cukup mujarab untuk mengobati asam urat, tapi mengonsumsi obat yang mengandung bahan kimia tentu akan memberikan efek buruk bagi tubuh di kemudian hari.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi penderita asam urat maupun rematik untuk selalu mengedepankan pengobatan alternatif dan tradisional yang jauh lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping.

Pastikan Anda mencoba beberapa pilihan obat alami asam urat yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta agar penyakit yang Anda derita segera disembuhkan oleh-Nya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua terutama bagi anda yang menderita asam urat. Terimakasih.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*