Ini dia sejarah tanggal 19 Juni diperingati sebagai hari ayah sedunia

Ini Dia Sejarah Tanggal 19 Juni Diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia


Ini Dia Sejarah Tanggal 19 Juni Diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia ∼ Ini adalah sebagian dari masa lalu kita. Pada tanggal 19 Juni, orang-orang di seluruh dunia memperingati Hari Ayah Sedunia.

Ini dia sejarah tanggal 19 Juni diperingati sebagai hari ayah sedunia
Hari ini, 19 Juni 2022, adalah hari dimana orang-orang di seluruh dunia memperingati Hari Ayah Sedunia 2022, yang juga dikenal sebagai Hari Ayah Internasional.

Hari Minggu ketiga di bulan Juni diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia. Liburan ini sering diperingati di negara-negara seperti Amerika Serikat, India, Spanyol, dan negara-negara lain yang menganutnya.

Perayaan Hari Ayah Nasional di Indonesia yang berlangsung setiap tahun pada tanggal 12 November tidak sama dengan Hari Ayah Sedunia.

Persatuan Ibu dan Anak Indonesia menjadi motor penggerak di balik lahirnya Hari Ayah Nasional (PPIP). Itu dirayakan untuk pertama kalinya pada 12 November 2006.

Setelah itu bagaimana. Apa latar belakang Hari Ayah Sedunia?

 Selamat-hari-ayah-internasional

Asal Usul Hari Ayah di Seluruh Dunia

Menurut Hindustan Times, penghormatan figur ayah pada hari libur yang dikenal sebagai Hari Ayah, yang diperingati pada 19 Juni, adalah praktik yang berasal dari Amerika Serikat. Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington membuat saran pertama tentang peringatan ini pada tahun 1909. William Jackson Smart, seorang prajurit Perang Saudara Amerika yang merupakan ayah Sonora, adalah seorang ayah tunggal yang membesarkan enam anaknya seorang diri.

Pada awal abad ke-20, Amerika Serikat (AS) memulai tradisi merayakan Hari Ayah sebagai pelengkap Hari Ibu. Tradisi ini dimulai di AS. Sonora menyarankan kepada pendetanya pada tahun 1909, setelah menghadiri Gereja Episkopal Metodis Pusat dan mendengarkan khotbah pada Hari Ibu, bahwa Hari Ayah harus dirayakan dengan cara yang sama seperti Hari Ibu.

Pada awalnya, ia mengusulkan untuk mengadakan perayaan Hari Ayah pada tanggal 5 Juni, yang juga merupakan hari ulang tahun ayahnya sendiri. Karena kenyataan bahwa anggota dari Spokane Ministerial Alliance tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan khotbah mereka masing-masing, perayaan tersebut harus ditunda hingga Minggu ketiga bulan Juni. Pada tanggal 19 Juni 1910, Hari Ayah Sedunia kemudian diperingati untuk pertama kalinya. Acara tersebut berlangsung di Spokane YMCA.

TRENDING:  Ini Dia Game Fail Run Atau Game Letoy Yang Viral Di TikTok

Gagasan bahwa Sonora harus dilantik pada Hari Ayah pertama kali diabaikan. Selain itu, usulan agar peringatan ini diakui sebagai hari libur nasional ditolak oleh pemerintah. Namun, pada tahun 1966, Presiden Lyndon B. Johnson akhirnya mengeluarkan proklamasi presiden pertama untuk menghormati sang ayah, yang menetapkan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai hari di mana hari libur akan dihormati. Tanggal 19 Juni dijadikan hari libur yang selalu diperingati ketika Richard Nixon menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Pada tahun 1972, ia memberikan tanda tangannya sehingga menjadi undang-undang.