Beberapa Cara Yang Efektif Dalam Mengajarkan Anak Membaca ABC

Beberapa Cara Yang Efektif Dalam Mengajarkan Anak Membaca ABC

Anak belajar membaca dan mengeja dengan cara yang sangat unik dan sulit untuk dimengerti untuk para orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak. Kadang-kadang mereka jarang untuk mau berkomunikasi dengan sang anak, karena banyak dari para orang tua berpikir bahwa anak masih belum mampu untuk menerima pelajaran, padahal pendapat itu salah besar.

Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya para peneliti didunia yang meneliti cara anak belajar dan menerima pengetahuan. Maka dari itu, jika anda ingin mengajarkan anak anda mengeja atau mengajarkan ABC sangatlah baik dan tindakan yang tepat.

Cara Efektif Dalam Mengajarkan ABC Pada Anak

Maka dari itu dengan melalui artikel ini penulis ingin memberikan gambaran serta mengajak para orang tua untuk mau berkomunikasi secara intens kepada anak dan mengajar anak mengeja dan membaca mereka.

Untuk membantu para orang tua dalam melakukan aktivitas memberikan pengajaran kepada anak mereka, berikut akann kami jelaskan mengenai beberapa cara yang efektif dalam mengajarkan ABC pada anak.

  • Gunakanlah intonasi yang unik dan berulang

Dalam mengajar anak mengeja dan membaca kunci utamanya ada pada orang tua, orang tua haruslah sabar dan mau berusaha secara maksimal.

Pada point ini, jika orang tua tidak sabar dalam mengajar anak mengeja dan membaca maka informasi ataupun pengajaran yang diberikan tidak tersampaikan secara maksimal. Anak sangat senang sekali dengan suara atau bunyi yang menarik, maka dari itu orang tua dituntut untuk bisa membuat suara yang unik ketika menyampaikan informasi kepada sang anak.

  • Gunakanlah objek yang menarik

Ketika mengajar anak mengeja dan membaca dianjurkan pada orang tua untuk menggunakan objek yang menarik, objek yang berbentuk 3D, berwarna cerah, dan berbunyi atau bersuara. Dengan melalui media ini, orang tua kan lebih mudah menarik perhatian sang anak sehingga bisa mendengarkan informasi atau pengajaran yang diberikan.

  • Lakukanlah sesering mungkin

Dengan melakukan komunikasi dengan anak anda secara terus menerus, apa yang anda lakukan tidak akan sia-sia, semua informasi dan pengajaran yang anda lakukan akan diterima semua oleh anak anda.

Bagaimana Mengajar Membaca ABC pada Anak?

Bagaimana Mengajar Membaca ABC pada Anak

Source: pixabay.com

Jika anda ingin mengajar anak membaca, anda harus mengenalkan abjad ABC terlebih dahulu karena dengan hal ini akan mempermudah proses belajar anak anda. Anak belajar membaca adalah masa yang penting dalam kehidupannya karena hal ini yang akan mendasarinya dalam proses belajar menuju yang lebih baik.

Jadi, selain beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas. Ada beberapa cara lainnya yang perlu anda ketahui jika anda ingin membantu anak belajar membaca. Dengan cara ini, anda telah memotivasi anak anda dengan baik dalam belajar membaca.

  • Membuat buku abjad adalah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengajar membaca

Yang perlu anda lakukan adalah membeli kertas kosong dan membantu anak dalam mengisi buku itu dengan berbagai abjad. Dengan cara ini, anak akan lebih berusaha keras untuk belajar membaca. Selain itu, anda perlu membantu anak anda dalam mewarnai buku abjad tersebut karena hal ini akan membuat anak anda lebih tertarik dalam membaca dan menghafal abjad.

  • Ketika anda mengemudi, anda bisa mengajarkan anak dengan bermain ABC melalui benda-benda yang dia temui

Dengan cara permainan ini, anak akan lebih termotivasi karena dia bisa belajar dengan bermain dan kemungkinan untuk merasa bosan akan lebih kecil. Cara ini bisa dianggap efektif karena anak belajar membaca dengan baik dan dia akan lebih meningkatkan kecerdasan anak.

Selain itu, dia akan bisa mengenal berbagai hal yang mungkin masih baru baginya. Kegiatan seperti ini akan sangat baik bagi perkembangan otaknya dalam menyerap informasi apapun.

  • Selain menghafal abjad, anda juga bisa mengajaknya bernyanyi untuk mengajar membaca

Dengan cara ini, sang anak tidak hanya akan mengingat lagu tapi juga menghafal abjad. Cara ini sangat menyenangkan karena anda bisa melakukannya dengan senang dan melakukan permainan. Anak akan akan lebih termotivasi untuk belajar membaca ketika dia merasa senang dengan apa yang akan dilakukannya.

Setelah menghafalkan abjadnya, anda juga bisa menjadikannya sebagai media bermain. Akan lebih baik jika anda menciptakan suasana belajar seperti bermain karena suasana ini sangat mendukung sang anak untuk belajar.

Buku Pelajaran yang Dapat Membimbing Anak untuk Membaca

Buku Pelajaran yang Dapat Membimbing Anak untuk Membaca

Source: pixabay.com

Mengajar anak membaca dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Biasanya orang tua yang mengajar anak membaca sangat konsentrasi terhadap pendidikan. Orang tua yang berpendidikan tinggi cenderung untuk mengajar anak membaca atau mengajar anak mengeja.

Anda sebagai orang tua harus menjadikan kegiatan mengajar anak membaca menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Anak sebenarnya belum dapat fokus pada satu situasi yang ada. Anak belajar membaca hanya perlu beberapa detik saja. Anak belajar membaca tidak harus dengan jadwal waktu yang sama setiap hari.

Cukup dengan luangkan waktu di saat anak nyaman dan terlihat senang. Begitu pula anak belajar mengeja cukup beberapa detik saja. Anak cukup melihat sepintas huruf atau tulisan yang ada dalam selembar kertas.

Buatlah tulisan yang cukup besar, dan dibuat dari huruf yang sederhana dengan bentuk yang konsisten (10 x 12,5 cm) pada sebuah kertas karton berwarna putih (15 x 60 cm). Pastikan anda berhenti mengajar anak membaca sebelum anak bosan dan lelah karena untuk mengajari anak membaca harus didukung suasana yang nyaman. Jadi, buatlah suasana mengajar anak seperti suasana bermain.

Mengajar anak membaca akan meningkatkan kecerdasannya, hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Mengajar anak mengeja membuat sel saraf pada otak anak berkembang. Awalnya anak lahir belum matang baik dalam aspek intelektual, tingkah laku, psikologis, dan sosialnya.

Peran orang tualah yang menentukan kematangan setiap aspek tersebut. Sel saraf otak akan terus berkembang, sampai anak berusia 5 tahun dan ukuran otak anak, yaitu (90 %) hampir mendekati ukuran otak orang dewasa.

Nutrisi yang tepat memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan otak dan juga pertumbuhan tubuh anak. Perkembangan otak juga didukung dari proses anak belajar membaca dan anak belajar mengeja.

Aktivitas seperti mengajar anak membaca akan merangsang perkembangan otak. Kadang orang tua ingin mempunyai anak yang hebat dibanding anak seusianya. Hal tersebut tidak masalah selama memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Selama anak belajar membaca dan anak belajar mengeja sesuaikan dengan umur dan kemampuannya;
  • Rangsanglah rasa keingintahuan anak dengan cara yang positif; dan
  • Gunakanlah metode mengajar anak membaca atau mengajar anak mengeja adalah metode Glenn Doman.

Metode Mengajarkan Anak Membaca

Metode Mengajarkan Anak Membaca

Source: pixabay.com

Saat ini, orang tua yang mulai mengajar anak belajar membaca sejak berumur beberapa bulan (6 bulan).

Mungkin bagi sebagian orang tua lainnya, terlalu dini untuk mengajar anak mengeja. Di televisi, majalah atau surat kabar pernah diperkenalkan metode mengajar anak membaca dan mengajar anak mengeja. Metode tersebut ternyata di negara yang maju telah lama dilakukan oleh para orang tua.

Mengajar anak membaca atau mengajar anak mengeja, bukanlah seperti mengajar anak yang telah duduk di Sekolah Dasar. Mengajar anak mengeja dan mengajar anak membaca dilakukan dengan bermain. Karena dunia anak adalah dunia bermain. Anak belajar memahami segala sesuatu dengan bermain. Sebagai orang tua terutama ibu tentu telah mengerti tentang hal tersebut.

Metode yang mengajar anak membaca yang biasa dilakukan oleh para orang tua cerdas adalah metode glenn doman. Metode ini sangat efektif untuk anak belajar membaca dan anak belajar mengeja.

Metode glenn doman telah banyak dipraktekkan oleh orang tua yang tinggal di kota dibandingkan orang tua yang tinggal di desa. Hal ini terjadi karena akses informasi yang didapat masyarakat di pedesaan sangat kurang.

Selain itu, masih banyaknya orang tua di desa  yang tingkat pendidikannya rendah.  Metode glenn doman dapat kita lakukan dengan membuat sendiri peralatan yang dibutuhkan untuk anak belajar membaca.

Kita cukup mengajar anak membaca dalam beberapa detik saja, tiga kali sehari secara rutin. Mengajar anak  membaca saat anak dalam suasana senang dan sehat badannya. Bila anak rewel tentu mengajar anak membaca akan sia-sia saja.

Tetapi sebagai orang tua kita tetap harus memperhatikan faktor gizi. Gizi merupakan salah satu faktor yang ikut berperan dalam keberhasilan anak belajar membaca selain stimulan. Tanpa asupan gizi yang seimbang akan sedikit sulit untuk mengajar anak membaca dan mengeja.

Berdasarkan pengalaman orang tua yang telah melakukan metode tersebut, bila metode tersebut dilakukan secara rutin dengan penuh kesabaran dan cinta kasih, metode tersebut akan berhasil. Anak bukan saja dapat membaca dan mengeja, tetapi juga meningkatkan perkembangan sel-sel otak. Karena metode glenn doman memberikan stimulan bagi perkembangan otak anak.

Membantu Anak Belajar Membaca Menurut Metode Glenn Doman

Belajar membaca pada anak adalah proses penting dalam masa perkembangan kecerdasan anak karena dalam masa ini, dia akan belajar untuk menerima dan memproses informasi yang dia dapat.

Kemudian, informasi itu akan diungkapkannya lewat bahasa isyarat ataupun sebuah ekspresi yang bisa menunjukkan seberapa banyak hal yang dia tahu dan mengerti dalam belajar membaca yang telah dia lakukan.

Mengajari anak belajar membaca bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang tua karena kemampuan sang anak untuk mengerti pelajaran sangat berbeda.

Dari penjelasan tentang metode glenn doman yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk mengajar membaca, ada beberapa hal yang harus anda tahu agar anda mengerti cara yang baik bagaimana mengajar anak untuk membaca.

  • Persiapan buku adalah hal pertama yang harus anda pikirkan ketika mengajak anak anda belajar membaca. Anda harus mempunyai buku yang sesuai dengan kemampuannya.
  • Cara kedua untuk mengajar membaca pada anak anda adalah mengenalkan nama-nama benda disekitarnya. Anda bisa melatihnya dengan menyebutkan nama benda di rumah anda.
  • Anda juga bisa memperkenalkan huruf dan angka sebagai langkah awal anak belajar membaca. Dengan cara ini, anak anda akan pelan-pelan dalam menyerap informasi dan ini akan berjalan efektif.
  • Ajaklah belajar dengan cara yang menyenangkan seperti bermain. Anda bisa mengajaknya bermain tebak gambar untuk meningkatkan kreatifitas anak.
  • Anda harus bisa menunjukkan ekspresi yang menyenangkan. Jangan tunjukan kemarahan karena hal ini akan membuatnya takut.
  • Anda juga bisa banyak melakukan hal lain untuk mengajari anak anda belajar membaca dengan mengajaknya mengunjungi tempat wisata yang mengandung unsur pendidikan seperti kebun binatang.

Anda perlu mengatur waktu untuk belajar dan usahakan untuk belajar dengan waktu yang singkat tapi efektif. Anda juga tidak boleh memaksanya belajar karena hal itu akan berpengaruh padanya. Biarkan dia belajar dengan keinginannya sendiri.

Anda harus berhenti sebelum dia merasa lelah agar dia tidak merengek. Mengerti keinginan anak juga hal penting untuk dilakukan. Anda juga perlu memikirkan suasana belajar yang tenang tanpa ada gangguan.

Perangkat yang Diperlukan Anak Ketika Belajar Membaca

Perangkat yang Diperlukan Anak Ketika Belajar Membaca

Source: pixabay.com

Barang barang yang harus dimiliki orang tua ketika mengajarkan anak membaca. Mengajar anak membaca adalah kegiatan yang dapat mendekatkan orang tua (ibu) dengan anaknya (anak). Anak meskipun masih kecil adalah makhluk yang luar biasa.

Mengajar membaca dengan memberi buku bacaan anak, buku tulis anak dan buku gambar balita merupakan cara untuk mengajarkan anak membaca.

Anak yang sehat dan cerdas adalah yang diberikan makanan bergizi dan diberi stimulan. Memberi makanan yang bergizi untuk anak, mungkin semua orang sudah mengerti. Namun, bila menganggap anak sehat hanya dilihat dari fisiknya saja sebenarnya kurang tepat.

Anak sehat juga harus dilihat dari kecerdasannya juga. Bagi beberapa orang beranggapan bahwa bila orang tuanya pintar, anak pasti pintar. Sedangkan bila orang tua kurang pintar anak juga akan kurang pintar. Hal tersebut belum tentu benar.

Anak pintar (cerdas) dan sehat bukan sekedar gen (bawaan) orang tua, tetapi juga karena faktor asupan gizi yang diterima anak sejak dalam kandungan sampai besar. Selain asupan gizi yang tepat dan seimbang, faktor stimulasi bagi otak ikut menentukan tingkat kecerdasan anak nantinya.

Berdasarkan pengalaman anak yang diajar membaca sejak dini dengan melihat buku bacaan anak atau buku gambar balita akan mempunyai kecerdasan lebih tinggi dibanding yang tidak diberikan stimulasi.

Otak anak dapat menampung banyak sekali informasi baru. Seperti kita ketahui bahwa otak dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan mempunyai kemampuan untuk berimajinasi dan otak kiri mempunyai kemampuan dalam hal logika.

Dengan mengajarkan anak membaca melalui buku bacaan anak, buku tulis anak atau buku gambar balita, otak kanan dan otak kiri akan berkembang secara bersamaan. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak anak baik bagian kanan dan bagian kiri.

Selama ini, orang terlalu memperhatikan mengenai perkembangan otak kiri padahal seharusnya perkembangan kedua otak harus seimbang. Hal ini akan diperlukan anak bila nanti dewasa. Buku bacaan anak atau buku bacaan anak (balita) saat ini telah banyak beredar di pasaran.

Untuk mendapatkan buku bacaan anak dan buku bacaan anak cukup dengan mendatangi toko-toko buku yang tersebar di berbagai daerah, dapat juga mencari melalui internet.

Itulah informasi mengenai beberapa tips dan cara yang efektif dalam mengajarkan ABC pada anak yang bisa anda coba terapkan pada buah hati anda yang masih belum tahu membaca.

Anda bisa mencoba metode glenn doman yang sudah banyak dipraktekkan oleh para orang tua anak di kota dan beberapa cara efektif mengajar ABC pada anak yang sudah kami jelaskan diatas. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua para orang tua, terimakasih.

About alvindayu 13 Articles
Hallo, Saya Dyah Ayu Alvinda. Seorang perempuan lemah dengan tubuh mungil yang tidak terlalu tinggi, peremuan yang juga biasa-biasa saja tetapi selalu ingin menjadi yang terbaik untuk semua orang. Gemar membaca dan menulis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*