Hukum Membaca Doa Setelah Adzan: Panduan Lengkap

Hukum membaca doa setelah adzan adalah – Dalam lantunan azan yang syahdu, terdapat perintah untuk mendirikan salat. Namun, tahukah Anda bahwa setelah azan dikumandangkan, terdapat anjuran untuk membaca doa? Inilah hukum membaca doa setelah adzan yang perlu Anda ketahui.

Membaca doa setelah adzan merupakan amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Doa ini menjadi bentuk rasa syukur dan permohonan kita kepada Allah SWT atas nikmat azan yang telah kita dengar.

Hukum Membaca Doa Setelah Adzan

Funeral poems mom poem funerals mother memorial quotes cards eulogy card verses gone she grandma prayers sympathy prayer sister readings

Membaca doa setelah adzan merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam. Doa-doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar kita senantiasa diberi petunjuk dan dijauhkan dari segala keburukan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas hukum membaca doa setelah adzan, dalil-dalil yang mendukungnya, serta waktu yang tepat untuk membacanya.

Dalil-Dalil Hukum Membaca Doa Setelah Adzan

Hukum membaca doa setelah adzan didasarkan pada beberapa dalil, di antaranya:

  • Hadist Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi: “Barang siapa mendengar adzan, maka hendaklah ia mengucapkan: Allahumma rabba hadzihid da’wati attammah washshalah al-qa’imah, ati Muhammadanil wasilah wal fadhilah, wab’athhu maqaman mahmudan illadi wa’adtahu.”
  • Hadist Riwayat Ibnu Majah: “Barang siapa mendengar adzan dan mengucapkan: La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahul mulku walahul hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir, Allahumma rabba hadzihid da’wati attammah washshalah al-qa’imah, ati Muhammadanil wasilah wal fadhilah, wab’athhu maqaman mahmudan illadi wa’adtahu, maka ia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.”

Waktu yang Tepat Membaca Doa Setelah Adzan

Waktu yang tepat untuk membaca doa setelah adzan adalah segera setelah selesai mendengar adzan. Waktu ini tidak dibatasi, artinya kita dapat membaca doa tersebut sampai masuk waktu shalat.

Namun, sebagian ulama berpendapat bahwa waktu yang paling utama untuk membaca doa setelah adzan adalah ketika muazin masih mengucapkan kalimat terakhir dari adzan, yaitu ” Hayya ‘alal falah“.

Manfaat Membaca Doa Setelah Adzan

Selain mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW, membaca doa setelah adzan juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Menambah pahala
  • Menjaga hati dari gangguan syaitan
  • Menjadi pengingat untuk selalu beribadah

Kesimpulan

Membaca doa setelah adzan merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam dan memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk membiasakan diri membaca doa ini setiap kali mendengar adzan.

Tata Cara Membaca Doa Setelah Adzan

Pray

Mengumandangkan azan merupakan ajakan untuk melaksanakan salat. Selain menjadi penanda waktu salat, adzan juga menjadi pengingat untuk memanjatkan doa. Terdapat beberapa tata cara dan bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah adzan berkumandang.

Bacaan Doa Setelah Adzan

Setelah mendengar adzan, disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

Allaahumma Rabba haadzihid da’wati attaammah wa shalaatil qaa’imah, aati Sayyidana Muhammadil wasilah wal fadhiilah, wab’athhu maqaaman mahmuudan illadii wa’adtahu.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna dan salat yang akan didirikan, berikanlah kepada junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan dan kelebihan, serta bangkitkanlah beliau pada kedudukan terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.”

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Membaca doa setelah adzan memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

  • Menjadi amalan sunah yang dianjurkan.
  • Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.
  • Mengharapkan dikabulkannya doa.

Selain bacaan doa di atas, terdapat juga doa-doa lain yang bisa dibaca setelah adzan, seperti:

  • Subhaanakallahumma wa bihamdika, wa tabaaraka ismuka, wa ta’aalaa jaddduka, wa laa ilaaha ghairuk.(Maha Suci Engkau Ya Allah, dengan segala puji bagi-Mu, dan Maha Berkah nama-Mu, dan Maha Tinggi kebesaran-Mu, dan tidak ada Tuhan selain Engkau.)
  • Allahummaghfirlii dzanbii waftalii abwaabii rahmatik.(Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.)

Manfaat Membaca Doa Setelah Adzan

Hukum membaca doa setelah adzan adalah

Membaca doa setelah adzan tidak hanya dianjurkan, tapi juga sangat dianjurkan. Selain sebagai wujud syukur atas panggilan sholat, doa setelah adzan juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan spiritual kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca doa setelah adzan:

Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendengar seruan muadzin dan membaca doa setelahnya, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Tirmidzi)

Meningkatkan Derajat di Sisi Allah SWT

Membaca doa setelah adzan juga dapat meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mendengar seruan muadzin dan membaca doa setelahnya, maka ia akan diangkat derajatnya sebanyak sepuluh derajat.” (HR. Ibnu Majah)

Memudahkan Terkabulnya Doa

Membaca doa setelah adzan juga dapat memudahkan terkabulnya doa-doa kita. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mendengar seruan muadzin dan membaca doa setelahnya, maka doanya akan dikabulkan meskipun ia meminta surga.” (HR. Abu Dawud)

Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Membaca doa setelah adzan juga dapat mendatangkan rahmat Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mendengar seruan muadzin dan membaca doa setelahnya, maka ia akan diberi rahmat oleh Allah SWT.” (HR. Ahmad)

Memperoleh Syafaat di Hari Kiamat

Membaca doa setelah adzan juga dapat memperoleh syafaat di hari kiamat. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mendengar seruan muadzin dan membaca doa setelahnya, maka ia akan mendapat syafaatku di hari kiamat.” (HR. Tirmidzi)

Waktu yang Tepat Membaca Doa Setelah Adzan

Altar catholic servers prayer server prayers cards mass serving traditional church pray boy gebet beautiful graces list life serve latin

Setelah mendengar lantunan adzan, dianjurkan untuk segera membaca doa sebagai bentuk respons dan penghormatan terhadap panggilan ibadah. Waktu yang tepat untuk membaca doa ini adalah:

Saat Mendengar Adzan, Hukum membaca doa setelah adzan adalah

  • Waktu paling utama untuk membaca doa setelah adzan adalah segera setelah mendengar lantunannya.
  • Hal ini karena pada saat itu malaikat mencatat orang-orang yang segera merespons adzan dengan doa.

Saat Adzan Selesai

  • Waktu yang juga dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan adalah saat adzan telah selesai dikumandangkan.
  • Membaca doa pada waktu ini masih dianggap baik dan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Setelah Shalat

  • Jika seseorang tidak sempat membaca doa setelah adzan, masih bisa membacanya setelah selesai menunaikan shalat.
  • Membaca doa setelah shalat masih termasuk waktu yang baik untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

Waktu yang Sebaiknya Dihindari

Ada beberapa waktu yang sebaiknya dihindari untuk membaca doa setelah adzan, yaitu:

  • Saat sedang junub atau hadas besar.
  • Saat sedang menghadap kiblat.
  • Saat sedang berbicara.
  • Saat sedang makan atau minum.

Tips Membaca Doa Setelah Adzan

Prayers

Membaca doa setelah adzan merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Selain sebagai bentuk ibadah, doa setelah adzan juga dipercaya dapat mendatangkan banyak manfaat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat membaca doa setelah adzan:

Memusatkan Perhatian

Saat membaca doa setelah adzan, usahakan untuk memusatkan perhatian sepenuhnya. Jauhkan pikiran dari hal-hal lain dan fokuslah pada setiap kata yang diucapkan. Dengan memusatkan perhatian, doa yang dipanjatkan akan lebih bermakna dan Insya Allah akan dikabulkan.

Menghayati Doa

Selain memusatkan perhatian, penting juga untuk menghayati doa yang dibaca. Renungkan setiap makna dari kata-kata yang diucapkan dan bayangkan apa yang sedang diminta atau dimohon. Dengan menghayati doa, hati akan lebih tersentuh dan doa yang dipanjatkan akan lebih khusyuk.

Membaca Doa dengan Tulus

Saat membaca doa setelah adzan, usahakan untuk membaca dengan tulus. Jangan hanya sekedar membaca saja, tapi bacalah dengan penuh penghayatan dan ketulusan. Doa yang dipanjatkan dengan tulus akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Membaca Doa Sesuai Kebutuhan

Ada banyak doa yang bisa dibaca setelah adzan. Pilihlah doa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Jika Anda ingin meminta sesuatu, bacalah doa yang berisi permohonan. Jika Anda ingin bersyukur, bacalah doa yang berisi ucapan syukur. Dengan membaca doa sesuai kebutuhan, doa akan lebih efektif dan Insya Allah akan dikabulkan.

Membaca Doa dengan Suara yang Jelas

Saat membaca doa setelah adzan, usahakan untuk membaca dengan suara yang jelas. Hal ini bertujuan agar doa yang dipanjatkan dapat didengar oleh orang lain dan menjadi amalan bersama. Membaca doa dengan suara yang jelas juga dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan menghayati doa yang dibaca.

Membaca Doa dengan Istiqomah

Tips terakhir untuk memaksimalkan manfaat membaca doa setelah adzan adalah dengan membaca doa dengan istiqomah. Usahakan untuk membaca doa setiap kali mendengar adzan, meskipun hanya doa yang singkat. Dengan membaca doa dengan istiqomah, Insya Allah doa Anda akan lebih mudah dikabulkan dan Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari amalan ini.

Ringkasan Akhir: Hukum Membaca Doa Setelah Adzan Adalah

Hukum membaca doa setelah adzan adalah

Dengan memahami hukum membaca doa setelah adzan, kita dapat memaksimalkan manfaat spiritual yang terkandung di dalamnya. Mari biasakan membaca doa setelah azan, agar hati kita senantiasa terhubung dengan Allah SWT.

Leave a Comment