Petunjuk Cara Cek INFO GTK Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Dividends Growth in Keating Wealth

Info GTK 2022 adalah situs web yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan oleh para pendidik dan anggota komunitas pendidikan lainnya.

Informasi mengenai validasi data guru dapat dilihat pada halaman informasi GTK ini, yang dirancang untuk membantu instruktur dalam menampilkan data dari Satuan Pendidikan yang telah diinput dan disinkronkan melalui Aplikasi Dapodik oleh Operator Sekolah.

Informasi berikut disajikan dan dapat Anda gunakan untuk melakukan Cek Info GTK Semester Genap Tahun Pelajaran 2021 2022:

  • Verifikasi Informasi Tunjangan Profesional
  • Data Perorangan berdasarkan Status NUPTK Dapodik yang tersimpan dalam Basis Data Arsip NUPTK
  • Tugas Tambahan : Kelompok Belajar (Rombel) Riwayat Pendidikan Formal : Pendidik Status Sertifikasi : Verval Diploma S1/D4 dan seterusnya

Sebagai referensi, semua informasi yang disajikan pada halaman informasi GTK  ini berasal dari informasi aplikasi android dapodik yang tersinkronisasi.

Cara Mencari Info GTK 2022 Melalui Halaman Informasi GTK

Apabila terjadi perubahan atau ketidaksesuaian antara data pada aplikasi dapodik dengan data sebenarnya, maka data pada aplikasi dapodik di masing-masing sekolah harus segera diubah atau disesuaikan melalui operator sekolah.

Penting untuk menentukan apakah informasi yang disajikan dalam info GTK sesuai dengan informasi pribadi Anda atau tidak, misalnya. Informasi GTK harus diperiksa setelah itu. Untuk memverifikasi informasi GTK, ada dua opsi yang tersedia: baik secara langsung melalui halaman Info GTK atau melalui halaman individual PTK.

Cara Mencari Info GTK 2022 Melalui Halaman Informasi GTK

Cek INFO GTK Semester Genap Tahun Pelajaran 2021 2022

Website informasi GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ kini sudah bisa diakses setelah beberapa hari sempat tidak bisa diakses.

Ada yang tidak biasa dengan tampilan halaman informasi GTK kali ini, terutama rona baru yang lebih estetis.

Seperti yang kita ketahui bersama, halaman info GTK digunakan untuk melihat data pengajar yang telah diterima dari program Dapodik dan ditampilkan di layar.

Sebelumnya, informasi login GTK juga dapat diperoleh dengan SIM PKB; namun, jika instruktur belum memiliki akun SIM PKB, mereka tidak dapat login melalui SIM PKB. Dengan cara ini, terlihat bahwa perbedaan antara fungsi akun SIM PKB dan halaman Info GTK mulai lebih jelas dan dapat dipahami.

Kunjungi situs informasi GTK di https://info.gtk.kemdikbud.go.id untuk mempelajari lebih lanjut.
Ada dua alternatif yang tersedia di halaman rumah.

  • Pilih opsi Masuk Langsung ke GTK dari menu tarik-turun.
  • Kemudian, pada kolom yang sesuai, masukkan akun PTK Dapodik yang Anda miliki sekarang, serta kata sandi PTK yang Anda gunakan di Dapodik.
  • Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah, Anda dapat pergi ke halaman login dengan mengklik tombol login.
  • Setelah login berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman dengan informasi tentang tuas data. Periksa untuk melihat bahwa informasi yang disebutkan dalam informasi GTK sesuai dengan informasi pribadi Anda.
  • Jika ditemukan bahwa data yang termasuk dalam informasi GTK sesuai dengan data pribadi Anda, Anda akan diberitahu.
  • Kemudian, pada langkah berikutnya, klik tombol Cetak untuk mencetak dokumen.

Untuk mengetahui akun PTK di Dapodik, operator harus membuka data guru terlebih dahulu lalu memilih opsi tambah pengguna dari menu drop-down. Anda akan dapat melihat alamat email dan kata sandi Anda.

akun-ptk-dapodik

Perhatikan baik-baik gambar di atas. Saat administrator mencoba login, status dianggap sah, dan SKTP siap digunakan. Khusus untuk akun GTK guru PAUD atau program Dapodik PAUD.

Bagi Anda yang merupakan guru di tingkat SD, SMP, dan SMA, Anda dapat menggunakan prosedur yang sama seperti yang dijelaskan di atas untuk mengetahui akun GTK Anda di Dapodikdasmen untuk memulihkan alamat email dan kata sandi Anda.

Nantinya, Anda dapat menyerahkan data yang telah Anda cetak kepada Administrator Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun), yang akan membuat penyediaan manfaat di masa depan lebih mudah dan lebih cepat.

Dapodik akan otomatis membuatkan akun PTK untuk operator dapodik jika belum dibuat. Ini akan dilakukan dengan memberikan alamat email dan kata sandi untuk informasi login GTK. Setelah operator dibuat, dapodik harus disinkronkan kembali.

Namun, jika ternyata masih terdapat ketidakakuratan dalam data informasi GTK yang diberikan, maka data tersebut harus segera diperbaiki dengan menghubungi operator sekolah Anda.

Yang terpenting adalah kemampuan guru untuk menyatukan dan mencatat dalam Info GTK untuk menentukan sejauh mana keabsahan data yang dipasok dari dapodik, khususnya informasi tunjangan atau SKTP (tunjangan profesi).

Kita juga bisa mengamati status penarikan data dari server dapodik ke halaman info GTK dari halaman utama Info GTK.

Surat Edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, UU Guru dan Dosen, dan Peraturan Menteri, antara lain, dapat diunduh di sini.

Selain itu, informasi data GTK tahun ajaran sebelumnya masih dapat diakses di sebelah kanan halaman informasi GTK ini.

Sebaliknya, untuk mengakses atau login ke halaman informasi GTK semester 2 tahun ajaran 2022 untuk setiap pengajar, aplikasi harus menggunakan akun PTK yang terkait dengan guru tersebut. Operator dapodik dapat memberikan username dan password untuk setiap siswa Anda.

Biasanya pada bulan Oktober dan April, guru mengecek informasi GTK untuk menentukan SKTP; Namun, kali ini pada bulan November, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang akan menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji untuk GTK non-PNS, guru tidak perlu memasukkan informasi login GTK sama sekali.

Silakan pilih opsi keluar dari menu tarik-turun untuk keluar dari akun info gtk Anda.

Cara Login GTK Bagi yang Baru Lulus PPGJ

Guru yang telah lulus PPG pada jabatannya pada tahun 2020 mengantisipasi bahwa mereka juga akan berusaha untuk mendapatkan tunjangan profesi guru pada tahun 2021, jika mereka masih bekerja pada tahun 2020.

Namun, berdasarkan akun dari orang-orang yang berhasil masuk Info GTK, tampaknya data telah ditulis tetapi belum disetujui.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, diharapkan instruktur hanya menunggu informasi GTK. Karena Info GTK belum bisa mendapatkan informasi sertifikasi.

Cukup periksa kembali bahwa semua informasi telah dimasukkan secara akurat. Misalnya NUPTK dan NRG.

Khusus untuk NRG, jika Anda tidak terbiasa dengannya, Anda perlu mencari di sana karena biasanya akan muncul dengan sendirinya di Informasi GTK.

Oh ya, jika Ijazah Pendidik sudah terkirim, pastikan untuk memasukkan nomor Ijazah ke dalam program Dapodik secepatnya.

Jika NRG diterbitkan pada 2019, maka tunjangan baru diterima secara sah pada 2020. Ini informasi penting untuk diketahui tentang NRG karena akan diterbitkan pada 2019. Bahkan jika NRG diterbitkan pada 2020, tunjangan sertifikasi tidak akan diberikan. tersedia untuk penerima hingga 2021.

Ini Langkah Cek Info GTK 2022 Melalui Website Individual GTK

  • Silakan lihat https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.
  • Kemudian Untuk masuk menggunakan SSO, klik Tombol Masuk Menggunakan SSO.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama pengguna/alamat email dan kata sandi Anda. (Inilah narasi PTK yang terekam di didapodik.)
  • Jika semua proses yang diuraikan di atas telah selesai, langkah selanjutnya adalah menekan tombol Enter.
  • Setelah berhasil login, silakan pilih opsi Biodata dari menu drop-down.
  • Kemudian gulir ke bawah dan pilih “Tampilkan Info GTK” dari menu tarik-turun; halaman Info GTK akan langsung terbuka.
  • Periksa kembali informasi yang disertakan dalam informasi GTK. Pastikan bahwa semua informasi Anda benar.
  • Jika sudah sah, langkah selanjutnya klik tombol Print agar halaman informasi gtk tercetak di komputer Anda.
  • Kemudian, untuk mempermudah pemberian tunjangan, Anda harus mengirimkan hasil cetaknya ke pengelola Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun) di wilayah Anda.

Login Info GTK Untuk Verval Ijazah

Guru yang masih berstatus honor, demikian biasa disapa, akan ditawari opsi mengikuti ujian PPPK pada 2021 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Alhasil, jika sebelumnya Anda sudah terdaftar di Dapodik, Anda akan langsung terdaftar di Info GTK. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara masuk ke Info GTK, lihat posting ini.

Untuk mendaftar PPPK 2021, instruktur harus terlebih dahulu menyelesaikan proses verifikasi ijazah yang telah berlangsung sejak November 2020 dan akan selesai pada 28 Februari 2021 jika masih layak. Jika Anda belum melakukannya, Anda harus segera memulai verifikasi diploma.

Karena kami hanya dapat mengunggah ijazah sarjana terbaru, kami sarankan Anda login menggunakan laptop untuk mempermudah validasi ijazah.
Gambar di sebelah kanan menunjukkan contoh formulir verifikasi ijazah yang diisi dengan benar.

Jika Anda merasa tidak perlu melakukan verval lagi, Anda boleh berhenti. Harap jangan klik tombol Hasil Validasi Perbaikan karena kami akan mengulangi proses verifikasi jika Anda melakukannya.

Jika masih berunsur silahkan konsultasikan dengan teman yang sudah berhasil menyelesaikan proses verifikasi ijazah.

Bagaimana Melakukan Update Info Verval Ijazah Anda?

Semua akun Info GTK, terutama yang memiliki sertifikasi S1, kini memiliki opsi verifikasi ijazah yang tersedia di bilah menu Info GTK.

Namun, belum ada instruksi resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri untuk mengautentikasi ijazah untuk PTK di situs GTK Info, meski berulang kali diminta.

Jika Anda memilih untuk melakukan verifikasi ijazah atas inisiatif Anda sendiri, ini juga tidak menjadi masalah bagi Anda. silakan kunjungi halaman Info GTK kami dan lihat artikel tentang cara memverifikasi ijazah untuk informasi lebih lanjut

Bagaimana Bila Data Kepangkatan Tidak Sesuai Dengan Input Dapodik

Saat meneliti informasi GTK, khususnya bagian data kepangkatan pada informasi GTK, ternyata tidak sesuai dengan informasi yang dimasukkan ke dalam program Dapodik. Data BKN mengandung kesalahan yang menjadi sumber masalah.

Karena informasi server GTK ditautkan ke database BKN, data yang disajikan berasal dari BKN, bukan dari input BKN. apa alasan dibalik ini?

Tolong tunjukkan penghargaan Anda untuk administrasi informasi GTK.

Silakan pilih data kepegawaian yang sesuai dari pilihan drop-down di bagian bawah halaman, atau cari di database BKN.

Bila anda membutuhkan bantuan, hubungi BKD, BKPSDM, atau kantor BKPP di kabupaten, kota, atau provinsi Anda, atau gunakan aplikasi MYSAPK BKN untuk melacak masalahnya.

GTK INFO sering digunakan sebagai titik tolak atau starting point untuk mengakses Informasi Status Guru dan Data Tenaga Kependidikan, khususnya dalam rangka penerbitan SKTP.

Data dari Dapodik disajikan dalam gtk info yang telah disahkan statusnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005, Pengadaan Umum Nomor 74 Tahun 2008, yang direvisi dengan Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2017, Permendikbud 33 Tahun 2018, Permendikbud 15 Tahun 2018, Permendikbud 16 Tahun 2019, dan peraturan lainnya yang berkaitan dengan sekolah dan kelompok belajar.

Di antara sumber informasi GTK yang paling penting adalah Dapodikdasmen (untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK) dan Dapodik Pauddikmas (untuk tingkat TK).

Database berikut juga dimuat: Database Kelulusan Sertifikasi, Database NUPTK, Database BkN, Database Daerah (yang berada di belakang KPDT), Database Linearitas, Database Kurikulum, Database Inpassing, Database Pembayaran/Realisasi SKTP, Database Tunjangan Profesi/SIMTUN, dan Database Tunjangan Profesional/SIMTUN.

Bagaimana Cara Cek Status Validasi Tunjangan Profesi?

Hanya ada dua kemungkinan hasil jika menyangkut status tunjangan profesi yang muncul di Info GTK.
1. Belum valid.
2. Pertimbangan hukum

Jika tidak sah, SKTP tidak dapat diterbitkan secara otomatis; namun jika sudah valid maka SKTP tersebut sudah siap untuk dipresentasikan oleh operator Dinas Pendidikan Simtun.

Berkenaan dengan sah atau tidaknya status pengesahan tunjangan profesi ini, ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan, yang paling umum adalah dapodik belum sinkron dengan kesulitan NUPTK, informasi kepegawaian dan jam mengajar. informasi.

Perlu dicatat bahwa pernyataan itu sah, dan semua yang diperlukan adalah bahwa pernyataan itu segera dikonfirmasi oleh dinas pendidikan.

Definisi Level dan Status Informasi: Level adalah yang tercatat pada tunjangan sim. Jika level di dapodik berbeda dengan level di simtun, hubungi operator penyisihan di dinas pendidikan sesuai dengan kewenangan yang ada di masing-masing lokasi.
Informasi tentang keadaan saat ini:
Nikah, nama, dan tanggal lahir tidak sama antara dapodik dan data kelulusan, yang dapat mengakibatkan 1 = tidak pemutakhiran dapodik.
Dapodik belum sinkron dengan grup lainnya.
NUPTK tidak valid.

2 = Masih mengedit data; Seringkali, keadaan ini terjadi karena masih ada data yang tidak valid, sehingga belum menyelesaikan 24 jam komunikasi tatap muka linier.

Nyeri Kronis adalah 6 (tidak aktif).
Mati spension
Menjadi guru bukan lagi pilihan.
7 = SK sudah siap dan menunggu prosedur penerbitan SKTP selesai.
8 menunjukkan bahwa SKTP telah diterbitkan.
16, menunggu usulan Dinas Pendidikan untuk proses penerbitan SKTP; jika sudah lebih dari 2 minggu dan situasi tetap sama, hubungi operator penyisihan. 17 = meminta tata cara penerbitan SKTP;

Jam Tugas Tambahan: Jam tugas tambahan yang disediakan dalam informasi gtk adalah jam tambahan untuk instruktur, dan kedua tugas tambahan utama disajikan (vakasek, kepala lab, dll.)
Jumlah jam yang ditunjukkan adalah jumlah total jam yang diperoleh dari tugas ekstra VALID; untuk tugas tambahan yang tidak valid, jumlah jam tidak termasuk dalam perhitungan.

Dalam hal ini, total jam mengajar adalah jumlah jam mengajar LINEAR baik di sekolah induk maupun di luar sekolah. Tugas tambahan adalah tugas yang bukan bagian dari sekolah utama atau non sekolah (kami menyebutnya A)
Jumlah jam kerja tambahan yang valid disebut sebagai jumlah jam kerja tambahan (kami sebut B)
A + B sama dengan jumlah jam yang diakui.
Dalam hal ini, total A+B merupakan jumlah jam mengajar yang harus diselesaikan agar SKTP dapat diterbitkan.

Jam mengajar di Sekolah Utama JJM: 1. Sekolah Utama JJM

Berikut ini adalah jumlah jam tatap muka yang dihabiskan di sekolah utama:

  • JJM adalah jumlah total jam mengajar dengan sertifikasi pendidik, terlepas dari apakah ruang kelas dilinierkan atau tidak.
  • Tergantung pada kredensial pendidik guru, JJM linier adalah jumlah jam yang dihabiskan untuk mengajar oleh seorang guru.
  • JJM linier tidak selalu sama dengan jumlah jam mengajar yang sama dengan jumlah jam mengajar

2. JJM (Latihan Gabungan Militer) Sekolah Non Orang Tua adalah sekolah yang tidak memiliki orang tua.

Di sekolah non-orang tua, jumlah jam tatap muka adalah sebagai berikut:

  • JJM adalah jumlah total jam mengajar dengan sertifikasi pendidik, terlepas dari apakah ruang kelas dilinierkan atau tidak.
  • Tergantung pada kredensial pendidik guru, JJM linier adalah jumlah jam yang dihabiskan untuk mengajar oleh seorang guru.

Tanggung jawab tambahan meliputi:

  • Wakil kepala sekolah yang membidangi lab sains yang membidangi multimedia dan lab bahasa
  • Sesuai dengan program khusus, direktur bengkel
  • Kepala Perpustakaan, Ketua Program Studi, dan Kepala Unit Manufaktur

Sah: Nama sekolah dicantumkan pada kolom sekolah induk di bagian sekolah induk.

Tidak sah:

  • Kolom sekolah dasar tidak memiliki informasi tentang nama sekolah.
  • Dapodik tidak diverifikasi oleh pihak sekolah.
  • Sekolah dalam daftar check-in orang tua yang mencakup lebih dari satu sekolah
  • Meskipun seorang guru dipindahkan, sekolah utama tetap menggunakan ticker sekolah sebelumnya.
  • Semester genap 2022 akan memiliki tampilan berbeda di halaman Info GTK, dan ini akan menjelaskan alasannya.