Ini Cara Deteksi HP Hilang Melalui GPS & Bluetooth

Ini Cara Deteksi HP Hilang Melalui GPS & Bluetooth

Pelacak modern bekerja dengan alat Bluetooth dan dibantu dengan evaluasi oleh sinyal GPS untuk menentukan lokasinya. Dengan cara ini, dengan sedikit keberuntungan, Anda dapat menemukan barang yang hilang di mana saja di dunia hanya dengan teknologi yang sudah lama sekali ada. Ingin tahu cara deteksi hp hilang tanpa aplikasi atau melalui GPS? Bisa! Silakan teruskan membaca, ya.

Apakah sekelompok kunci tidak berada di tempat yang seharusnya lagi?  Anda ingin menemukan aplikasi pencari barang atau cara mencari benda yang hilang dengan aplikasi?

Mungkin Anda tidak dapat menemukan dompet Anda sama sekali? Dan sekarang, setiap saat, ketika Anda sangat perlu keluar rumah? Teknologi yang membantu mengatasi masalah ini telah tersedia sejak lama loh.

Semuanya dimulai dengan pencari kunci yang melaporkan dalam empat dinding mereka sendiri dengan sinyal akustik. Perangkat yang lebih baru dilengkapi dengan GPS atau Bluetooth, juga cocok untuk pelokalan di luar rumah dan menunjukkan lokasi orang, hewan, dan objek saat ini dalam versi khusus.

Namun, ini juga menimbulkan pertanyaan tentang perlindungan privasi. Pelacak, yang hanya berukuran beberapa sentimeter, dapat dengan mudah ditempatkan di tas pakaian, mobil, tas sadel, dll. tanpa sepengetahuan pemiliknya. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami tidak hanya menunjukkan kepada Anda bagaimana teknologi pelacak bekerja, di mana kelebihan dan kekurangannya, dan apa bentuknya. Kami juga membahas apa yang boleh dan apa yang tidak diizinkan oleh hukum saat menggunakan pelacak.

Pelacak Bluetooth

Anda dapat memasang pelacak Bluetooth ke objek yang ingin Anda pantau menggunakan lubang atau permukaan perekat. Kemudian instal aplikasi dari pabrikan di ponsel cerdas dan pasangkan ponsel dengan pelacak. Jika sekarang Anda mengetuk tombol di aplikasi, pelacak memancarkan sinyal akustik.

Dengan pelacak Bluetooth baru Apple, Apple Airtag, sebuah aplikasi di iPhone menunjukkan arah dan jarak perangkat. Jika Anda lebih dekat ke pelacak, panah bahkan muncul di layar, yang kemudian menunjukkan lokasi. Apple telah melengkapi Airtag dengan radio UWB untuk tujuan ini (Ultra-wideband, Jerman: Ultrabreitband), yang juga memungkinkan penentuan posisi. Selain itu, smartphone mulai bergetar segera setelah Anda berada lebih dari tiga kaki lebih dekat ke pelacak. Getaran meningkat terus menerus selama beberapa sentimeter terakhir. Fungsi ini ditujukan untuk lingkungan bising di mana bunyi bip tag udara turun.

Ini Cara Deteksi HP Hilang Melalui GPS & Bluetooth

Aplikasi pelacak mengakses data lokasi ponsel cerdas sehingga Anda dapat menemukan gantungan kunci lagi jika Anda lupa di suatu tempat. Pelacak itu sendiri tidak memiliki penerima GPS karena konsumsi daya akan terlalu tinggi.

Jadi, jika Anda menemukan bahwa Anda lupa gantungan kunci di suatu tempat, dan orang rumah penasaran cara cara menemukan kunci motor yang hilang, Anda dapat memanggil peta melalui aplikasi yang menunjukkan lokasi kontak radio terakhir antara pelacak dan ponsel cerdas.

Misalnya, jika Anda meninggalkan kunci di rumah, aplikasi akan menampilkan apartemen Anda. Segera setelah ponsel cerdas berada dalam jangkauan pelacak lagi, Anda dapat memicu sinyal “Ini aku” lagi.

BACA JUGA: Ngakak! Fitur Bluetooth HP Jadul vs iPhone dan Aplikasi Android Terbaru

Ini hanya berfungsi jika kunci belum dipindahkan untuk sementara waktu. Misalnya, jika Anda kehilangannya di jalan dan penemu yang jujur membawanya ke kantor properti yang hilang, Anda tidak dapat melacaknya dengan cara yang baru saja dijelaskan. Selama beberapa tahun sekarang, ada konsep yang lebih canggih untuk menemukan pelacak Bluetooth yang memanfaatkan kemungkinan smartphone modern dengan lebih baik.

Misalnya, Apple mengakses fungsi “Where is” yang terintegrasi ke dalam sistem operasi selama Airtag: Jika pelacak berada di luar jangkauan Bluetooth, maka secara otomatis akan dicari oleh semua perangkat yang terhubung ke jaringan “Where is”. Karena fungsi pada iPhone aktif secara default, berpotensi ratusan juta perangkat akan ambil bagian dalam pencarian. Segera setelah Airtag terdeteksi oleh fungsi Bluetooth iPhone, ia mengirimkan data posisinya ke iCloud, di mana pemiliknya dapat memanggilnya melalui aplikasi. Namun, iOS versi 14.5 diperlukan untuk ini.

Pemilik smartphone Android juga dapat membantu mencari airtag. Karena Apple juga telah melengkapi pelacak dengan radio jarak pendek NFC. Jika Anda menemukan airtag yang ditinggalkan dan memiliki ponsel cerdas yang mendukung NFC, cukup dekatkan pelacak ke ponsel Anda. Nomor telepon pemilik kemudian muncul di layar.

Alternatif untuk Airtag

Sesaat sebelum peluncuran Apple Airtag, Samsung meluncurkan Galaxy Smarttag. Ini juga merupakan pelacak Bluetooth yang, jika diminta, menarik perhatian ke dirinya sendiri dengan sinyal akustik. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan aplikasi Smartthing, yang sudah diinstal sebelumnya di semua ponsel cerdas Samsung saat ini . Selain itu, ponsel harus menjalankan setidaknya Android 8.

Tag pintar saat ini belum dilengkapi dengan UWB. Itu harus menyusul di akhir tahun. Oleh karena itu, penentuan posisi saat ini hanya dimungkinkan secara akustik. Jika pelacak berada di luar jangkauan alat Bluetooth perangkat anda, pelacak dapat dilacak melalui jaringan Smartthings Samsung. Ini terutama mencakup ponsel cerdas, tablet, dan perangkat rumah pintar Samsung. Selain itu, ada beberapa peralatan rumah tangga stasioner dari produsen pihak ketiga, yang, bagaimanapun, tidak akan banyak membantu dalam mencari benda yang hilang.

Dibandingkan dengan airtag, tag pintar hanya dapat membanggakan satu keuntungan kecil: Mereka juga memungkinkan Anda untuk mencari smartphone dengan pelacak jika tidak dapat ditemukan. Yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol dua kali pada tag pintar.

Persaingan lebih lanjut datang dari perusahaanTile dengan pelacak Bluetooth Mate dan Pro , di mana versi Pro menawarkan jangkauan dua kali lipat dibandingkan dengan model Mate standar. Pelacak ubin juga diaktifkan melalui aplikasi ponsel cerdas, yang tersedia untuk Android dan iOS. Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mencari di luar area penerimaan Bluetooth. Namun, karena aplikasi ini hanya diinstal pada sejumlah kecil ponsel cerdas, ini mengurangi kemungkinan menemukan item yang hilang lagi dengan cara ini. Lagi pula, Tile juga mendukung pencarian terbalik untuk smartphone melalui pelacak.

Menurut pabrikan, baterai pelacak yang disajikan harus bertahan sekitar satu tahun dan kemudian dapat diganti. Secara teoritis, Anda dapat melacak tag udara atau tag pintar pada jarak 90 meter, di ruangan tertutup dengan rintangan seperti pintu dan dinding sekitar 45 meter. Ini juga berlaku untuk Tile Pro, tetapi Mate hanya memiliki jangkauan teoretis 60 meter.

Apple mengenakan biaya 35 euro untuk hari udara, sedangkan empat paket pelacak berharga 119 euro. Khas Apple: Pelacak tidak memiliki lubang untuk menggantungnya di gantungan kunci, misalnya. Sebagai gantinya, mereka menjual trailer milik perusahaan, yang masing-masing dikenakan biaya tambahan 35 euro. Trailer yang sesuai tersedia dari produsen pihak ketiga mulai dari sekitar 10 euro. Samsung menetapkan harga 34,90 euro untuk pelacaknya, di toko online mereka tersedia dari sekitar 25 euro. Tile Mate secara resmi berharga 24,99 euro, Pro 34,99 euro. Anda dapat menemukan pelacak ini di Internet dengan harga masing-masing sekitar 20 dan 25 euro.

Pelacak GPS

Seperti namanya, pelacak GPS memiliki chip GPS untuk penentuan lokasi. Ada juga modem seluler yang mengirimkan data lokasi ke pemilik melalui SMS atau pesan push. Kapan dan seberapa sering ini terjadi tergantung pada modelnya. Beberapa pelacak hanya mengirimkan data saat diminta, yang lain pada interval waktu yang dapat disesuaikan. Dengan pelacak hewan dan anak, area tertutup sering kali dapat ditentukan menggunakan geofencing sehingga pelacak mengirimkan sinyal alarm ketika batas terlampaui. Lokasi pelacak ditampilkan baik di aplikasi berpemilik di ponsel cerdas dan / atau di Google Maps.

Di peta Anda selalu dapat melihat lokasi terakhir yang terdaftar serta jarak yang ditempuh. Menentukan lokasi saat ini dapat memakan waktu beberapa detik. Karena untuk meningkatkan masa pakai baterai, perangkat seluler sesekali mengalihkan chip GPS ke mode hemat daya. Setelah bangun, dibutuhkan 15 hingga 20 detik di udara terbuka untuk mengevaluasi sinyal GPS.

Penentuan posisi tidak setepat dengan smartphone. Karena telepon modern tidak hanya menggunakan GPS, tetapi juga sinyal jaringan Glonass Rusia. Jika penerimaan terlalu lemah, mereka juga mencari sinyal dari satelit Galileo dan Beidou Cina. Mereka juga memindai area untuk jaringan WLAN dan meminta database untuk lokasi mereka.

Pelacak GPS, di sisi lain, biasanya terlebih dahulu menentukan ponsel agar dapat menunjukkan perkiraan lokasi di peta. Kemudian mereka mencari sinyal GPS. Sebagian besar model melakukannya tanpa Glonass & Co., modul WLAN bahkan tidak terpasang.

Karena teknologi yang lebih kompleks dan konsumsi daya yang lebih tinggi, pelacak GPS sedikit lebih besar daripada pelacak Bluetooth. Kebanyakan model kira-kira seukuran kotak korek api. Baterai terintegrasi relatif cepat habis dan harus diisi satu hingga tiga kali seminggu, tergantung penggunaan. Ada versi untuk anak-anak berupa jam tangan.

Mereka dapat melaporkan kepada orang tua mereka kapan saja melalui tombol alarm. Selain itu, beberapa produsen menawarkan pelacak GPS untuk hewan dalam bentuk kalung atau untuk sepeda. Harga mulai sekitar 30 hingga 50 euro. Selain itu, masih ada biaya untuk koneksi seluler – pelacak biasanya memiliki kartu SIM internal. Biayanya lagi 4 hingga 5 euro per bulan atau sekitar 50 euro per tahun. Anda dapat menemukan gambaran pasar di sini.

Beberapa produsen seperti Blaupunkt dan produsen mobil sendiri menawarkan pelacak GPS sebagai perlindungan pencurian untuk dipasang di mobil. Dalam hal ini, daya disuplai melalui jaringan terpasang. Harga berada dalam kisaran tiga digit.

Memang terasa didompet Anda ya? Tapi sebagai bantalan keamaan, alat bluetooth seperti yang ada di handphone Android anda dan aplikasi GPS ini adalah cara mencari benda yang hilang dengan aplikasi, bahkan menjadi solusi cara menemukan kunci motor yang hilang dengan sedikit keberuntungan dan kreativitas Anda dalam menggunakan teknologi yang sudah ada di genggaman Anda.